Kebumen Siaga Bencana, 700 Personel Gabungan Ikut Apel Kesiapsiagaan Bencana - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Kebumen Siaga Bencana, 700 Personel Gabungan Ikut Apel Kesiapsiagaan Bencana

Kebumen Siaga Bencana, 700 Personel Gabungan Ikut Apel Kesiapsiagaan Bencana
Kebumen siaga bencana
INI KEBUMEN - Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui BPBD bersama TNI, Polri Satpol PP, dan relawan kemanusian dari belbagai organisasi seperti NU, Muhammadiyah, Pramuka, PMI dan ORARI, menggelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Lapangan Volly Desa Wiromartan Kecamatan Mirit pada Rabu 26 Oktober 2022.

Acara tersebut diikuti 700 pasukan kebencanaan, dan dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama jajaran Forkompimda, pimpinan OPD, dan para camat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kebumen. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, apel kesiapsiagaan ini penting untuk mengukur kesiapan pemerintah dalam melakukan penanganan bencana. Mengingat Kebumen termasuk salah satu kabupaten yang rawan bencana, baik longsor, banjir, angin puting beliung.

"Kebumen ini masuk kabupaten yang rawan bencana, di sisi selatan rawan terjadinya tsunami, kemudian banjir, di sisi utara juga rawan terjadinya longsor dan angin puting beliung, jadi kita harus selalu siap siaga, agar ketika terjadi bencana, bisa meminimalisir adanya korban jiwa," ujar Bupati di lokasi.

Bupati mengingatkan, musim hujan diperkirakan cukup tinggi di Kebumen sampai tahun depan, sehingga petugas maupun masyarakat harus selalu siap siaga. Bencana di Kebumen sendiri sampai saat ini masih terus dalam penanganan pemerintah. Seperti di Wadasmalang, dan Plumbon, Karangsambung.

"Untuk yang tanah retak di Plumbon, kita sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membantu relokasi rumah, ada 31 rumah yang terdampak, dalam kondisi retak-retak yang perlu segera direlokasi," ujar Bupati.

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyatakan, pada dasarnya baik Polri maupun TNI siap mendukung pemerintah dalam melakukan penanganan bencana, baik dukungan melalui jumlah personel dan dukungan alat-alat penanganan bencana.

"Dimana pun kita bersama TNI Polri selalu siap membantu pemerintah dalam melakukan penanganan bencana. Dengan sinergi ini, kita semua berharap kebencanaan di Kebumen bisa tertanggulangi dengan baik," jelasnya.

Selain apel, pada kesempatan tersebut Kopolres turut melantik Relawan Arnavat Binaan Sat Polariud Polres Kebumen yang terdiri satu pleton atau 30 pasukan SAR.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>