Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Kebumen Percaya Pemuda Suka Berkarya dan Gemar Bersatu - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Kebumen Percaya Pemuda Suka Berkarya dan Gemar Bersatu

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Kebumen Percaya Pemuda Suka Berkarya dan Gemar Bersatu
Upacara Hari Sumpah Pemuda di Kebumen

INI KEBUMEN - Pelaksanaan upacara sumpah pemuda berlangsung meriah dan penuh khidmat.

Upacara sumpah pemuda berlangsung di Pendopo Kabumian, Jumat 28 Oktober 2022, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan komandan upacara AKP Tugiman.

Upacara turut dihadiri ratusan peserta, terdiri dari TNI / Polri, guru, pegawai Pemkab, SatpolPP, Damkar, Pramuka, PMI, sejumlah organisasi kemasyarakatan, mahasiswa dan juga siswa siswi sekolah SMA sederajat.  Dimulai pukul 07.00 WIB, Upacara berlangsung dengan khidmat.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa peringatan Sumpah Pemuda merupakan upaya untuk mengingat kembali sejarah guna menjadi teladan bangsa dalam mewujudkan visi misi negara Indonesia.

"Tentunya peringatan dari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar menyikapi perbedaan suku agama ras dan kultur serta berbagai kepentingan," kata Bupati.

Adapun tema peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Menurut Bupati, tema tersebut berpesan bahwa persatuan merupakan kekuatan untuk membangun peradaban yang unggul.

"Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Memberikan pesan bahwa persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," kata Bupati

Meskipun demikian, Bupati menyebut bahwa permasalahan generasi muda di semua wilayah di Indonesia adalah pengangguran. Maka, dibutuhkan pemberdayaan dan pengembangan pemuda.

"Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan tindakan destruktif yang tidak menguntungkan. Maka, upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, dan mandiri perlu dikembangkan agar pemuda dapat menghadapi berbagai situasi dan mampu mencapai prestasi tinggi pada kesempatan yang baik," ucapnya.

Bupati juga berharap anak muda di Kebumen bisa ikut serta untuk membangkitkan Indonesia. Ia berkeyakinan bahwa anak muda saat ini mempunyai kemampuan untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

“Saya pribadi yakin anak muda saat ini memiliki kemampuan untuk bisa memberikan kebanggaan kepada bangsa dan negara,” tuturnya.

Selain itu, Bupati mempunyai keyakinan yang kuat bahwa anak-anak muda saat ini juga gemar dengan persatuan, sama halnya para pemuda di zaman dahulu. Oleh karena itu, Bupati berpesan agar para pemuda terus berkarya untuk Indonesia.

“Kita juga sama-sama yakin anak-anak muda saat ini pun gemar dengan persatuan, sama dengan anak-anak dulu. Terus berkarya dan tetap bergembira dalam persatuan untuk keutuhan dan kejayaan NKRI,” tandasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>