Tak Mau Lagi Pedagang Kehujanan, Bupati Kebumen: Tahun Ini Pasar Pagi Dibangun - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Tak Mau Lagi Pedagang Kehujanan, Bupati Kebumen: Tahun Ini Pasar Pagi Dibangun

Tak Mau Lagi Pedagang Kehujanan, Bupati Kebumen: Tahun Ini Pasar Pagi Dibangun
Tak Mau Lagi Pedagang Kehujanan, Bupati Kebumen: Tahun Ini Pasar Pagi Dibangun

KEBUMEN - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih berserta jajaran terkait menggelar silaturahmi dan halal bi halal bersama pedagang Pasar Pagi Stanplat Colt dan Pedagang Pasar Tumenggungan.

Kegiatan berlangsung di Pendopo Kabumian, Minggu 30 April 2023. Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan rencana pembangunan Pasar Pagi yang akan dimulai pada bulan Juni tahun ini. Pembangunan berlangsung selama kurang lebih empat bulan.

"Pada acara halal bi halal ini kita sampaikan juga rencana pemerintah untuk membangun Pasar Pagi yang Insya Allah akan kita mulai pada Juni tahun ini selama kurang lebih empat bulan, selesai pada tahun 2023," ujar Bupati.

Kepada ratusan pedagang yang hadir, Bupati menyampaikan tiga opsi tempat yang bakal dijadikan tempat Pasar Pagi sementara berdasarkan usulan atau aspirasi dari para pedagang.

Tiga opsi tempat yang diusulkan, yakni Hutan Taman Kota, area trotoar pasar koplak dokar atau pasar klitikan, dan terakhir di halaman Stadion Candradimuka. Dari tiga usulan tersebut mayoritas pedagang sepakat untuk ditempatkan sementara di Stadion Candradimuka.

"Untuk tempat relokasinya tadi sudah kita tawarkan, bahkan tadi ada yang usul satu di bekas RSUD. Terus kita tawarkan lagi tiga opsi yang kita tampung dari usulan para pedagang, mayoritas para pedagang maunya dipindah sementara di Stadion Candradimuka," terang Bupati.

Bupati menyebut pembangunan Pasar Pagi harus bisa dilaksanakan tahun ini, karena dirinya tidak ingin para pedagang kehujanan atau kepanasan. Sebab, kondisi pasar pagi di Stanplat Colt cukup memprihatinkan, saat hujan lebat sering terjadi banjir.

"Jujur saya itu mrebes mili mendengar aduan, Pak Bupati ini pasar pagi kalau hujan kebanjiran, becek, jadi makin kumuh. Karena itu saya usahakan tahun ini bagaimana caranya harus bisa dibangun agar pedagang bisa berjualan dengan nyaman, pembelinya juga senang," tuturnya.

Untuk anggaran yang disediakan total sebesar Rp3 miliar, Rp2,7 miliar untuk fisik sisanya untuk perencanaan. Adapun untuk pasar Tumengungan, Bupati menyatakan pihaknya juga tengah melalukan penataan dengan membongkar taman kuliner yang lama, dan memindahkannya di area sepanjang Jalan Soekarno Hatta.

"Dengan adanya area kuliner di Jalan Soekarno Hatta, Pasar Tumenggungan sudah terlihat tambah ramai. Tentu pasar-pasar tradisional akan kita hidupkan dengan beragam inovasi, salah satunya kita wajibkan ASN untuk belanja di pasar tradisonal setiap bulannya," tegasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>