Atasi Rentenir, Bupati Minta Baznas Siapkan Dana Rp 1 Miliar - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Atasi Rentenir, Bupati Minta Baznas Siapkan Dana Rp 1 Miliar

www.inikebumen.net KEBUMEN - Banyaknya pedagang pasar yang terjerat rentenir menjadi keprihatinan tersendiri bagi Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Bupati memandang upaya pengentasan para pelaku ekonomi mikro dari jeratan rentenir harus segera dilakukan.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, saat memimpin rapat penyelamatan pedagang pasar dari jeratan rentenir. 

Bahkan bupati mengaku melihat sendiri di pasar pagi Pasar Tumenggungan Kebumen, saat memantau pasar menjelang Ramadan, belum lama ini. Bupati menemukan hampir setengah dari pedagang yang ada di pasar terjerat rentenir. Para pedagang mengaku lebih memilih meminjam uang di rentenir.

"Selain cepat, pengajuan  hutang lewat  rentenir lebih mudah. Mereka menganggap proses pengajuan pinjaman di bank yang rumit," ujar Mohammad Yahya Fuad, kepada inikebumen.net, Kamis (1/6/2017).

Baca juga: Pedagang Pasar Tumenggungan Dikuasai Rentenir

Menyikapi permasalahan tersebut, bupati mengaku sudah menggelar rapat koordinasi antisipasi rentenir, di Gedung F Kompleks Setda Kebumen pada Senin(29/5/2017) lalu. Dalam kesempatan itu, bupati meminta lembaga keuangan PD BPR BKK Kebumen dan Bank Kebumen sebagai perpanjangan pemerintah daerah agar memberikan pelayanan yang lebih cepat dengan suku bunga yang lebih rendah.

Untuk itu perlu dibangun kerja sama lembaga keuangan milik pemerintah daerah dengan BMT dan koperasi. Sehingga bisa menyalurkan dana dengan lebih murah dan sesuai dengan aturan. "Selain itu ada MoU yang menyatakan dana tersebut digunakan untuk pedagang sangat kecil yang belum terbiasa dengan pola pinjaman bank," imbuhnya.

Untuk membantu pedagang mikro di pasar tradisonal, Pemkab meminta PD BPR BKK Kebumen dan Bank Kebumen menyediakan dana Rp 2 Miliar. Selain itu, pihaknya juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen, yang akan mengucurkan dana Rp 1 miliar.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>