Berkah Idul Fitri, Pedagang Peci Berseri-seri - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Berkah Idul Fitri, Pedagang Peci Berseri-seri

www.inikebumen.net KEBUMEN - Musim Lebaran benar-benar membawa berkah bagi pedagang peci di Kebumen. Ya, hal lantaran omset yang mereka dapat meningkat tajam. Untuk sekelas pedagang yang berjualan di trotoar saja dalam sehari dapat menjual lebih dari 1.500 buah.

Berkah Idul Fitri, Pedagang Peci Berseri-seri
Warga membeli peci di pedagang yang berjualan di trotoar depan kantor Pegadian Kebumen.
Sedangkan harga termurah yang dijual para pedagang sebesar Rp 15.000. Artinya, dalam sehari mampu meraup omset hingga Rp 22,5 juta lebih.

Salah satu pedagang peci, Khamdan (42), menuturkan peci mulai ramai diburu warga sejak sepekan menjelang Idul Fitri. Tetapi akan semakin diburu dua hari hingga malam Lebaran.

"Alhamdulillah, banyak yang beli. Biasanya pas malam takbiran itu lebih ramai lagi," ujar Khamdan, yang berjualal di trotoar di sekitar Pasar Tumenggungan Kebumen.

Khamdan berjuala di tempat sejak sepekan sebelum Lebaran hingga malam takbiran. Ia mengaku, peci yang dijualnya merupakan produksi perajin asal Desa Bandung Kecamatan Kebumen maupun Desa Bojongsari Kecamatan Alian. Selain itu, dia juga melengkapinya dengan produk dari luar daerah seperti dari Gresik, Surabaya, hingga Garut.

"Jenisnya macam-macam ada peci uje, makom, terompah dan jenis lainnya," tuturnya.

Disebutkan, harga peci yang dijualnya bervariasi. Mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 40 ribu, tergantung jenis dan bahan yang digunakan. Sedangkan peci produk lokal harga lebih mahal, yakni mulai dari Rp 25 ribu.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>