Gelombang Arus Balik Mulai Padati Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Gelombang Arus Balik Mulai Padati Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Memasuki hari ketiga sesudah Lebaran (H+4) arus balik kendaraan dari arah timur jalur selatan Jawa Tengah yang melintasi Kabupaten Kebumen mulai padat. Ribuan kendaraan sejak dini hari memasuki wilayah Kabupaten Kebumen dari arah timur dengan didominasi pelat nomor wilayah Jabodetabek. Seperti B, F, D, dan T.

Gelombang Arus Balik Mulai Padati Kebumen
Kendaraan dengan nomor polisi DKI Jakarta dan Jawa Barat mulai melintasi Kebumen sejak Selasa (27/6/2017).
Pantauan inikebumen.net, Selasa (27/6/2017), sepanjang jalan nasional Prembun-Rowokele terjadi kepadatan kendaraan. Termasuk di jalur-jalur alternatif juga disesaki oleh kendaraan luar kota. Seperti di Jalan Puring dan Jalan Karangbolong, nampak kendaraan pribadi melintasi jalanan sempit itu.

Kemacetan cukup panjang, yang disebabkan adanya perlintasan rel kereta api di Desa Semondo, Kecamatan Gombong. Selain itu, juga karena adanya pertemuan kendaraan dari arah timur dengan kendaraan dari arah selatan di simpang tiga Sangkalputung, Gombong.

Antrean kendaraan arus balik yang didominasi mobil pribadi itu mulai terjadi di jalur lingkar kota Kebumen. Mulai Pertigaan Kedungbener arus kendaraan dari arah timur diarahkan lewat jalan lingkar, dan tidak diperkenankan melalui tengah kota Kebumen untuk menghindari penumpukan arus kendaraan di tengah kota.

Sejumlah petugas kepolisian terlihat mengatur arus kendaraan di beberapa titik persimpangan. Di Simpang Lima Kebulusan, petugas mengarahkan kendaraan minibus untuk melalui jalur alternatif Adimulyo tembus Guyangan, Sruweng guna menghindari kemacetan.

Antrean panjang terjadi hampir di seluruh ruas jalan. Tumpukan kendaraan terparah terjadi di depan Pasar Karanganyar, yang disebabkan adanya perlintasan kereta api, serta pasar tumpah. Setiap kendaraan pun tak bisa berjalan cepat, rata-rata hanya 20-30 kilometer per jam.

Kepadatan arus kendaraan tersebut bukan hanya sampai Gombong, tetapi hingga perbatasan wilayah Kebumen dan Banyumas. Kemacetan di jalur itu bersamaan dengan kembalinya warga masyarakat usai berwisata di Gua Jatijajar, dan Pantai Logending.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen, Maskhemi, mengatakan meski sudah mula terjadi peningkatan arus balik. Namun, pihaknya memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu (1/7/2017) mendatang.

Maskhemi menambahkan, meski arus lalu lintas padat, tetapi lancar dan tidak terjadi kemacetan yang panjang. Pihaknya mengimbau, para pengendara beristirahat jika kelelahan. Pasalnya, jika nekat mengemudi dalam kondisi capai dan hilang konsentrasi, tentu akan membahayakan dirinya dan orang lain. "Bila merasa capai, segera beristirahat. Jangan di paksakan untuk terus mengemudi," kata Maskhemi.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>