Hanya Ada Satu MTs dan Dua SMP Swasta Masuk Peringkat Sepuluh Besar UN Tahun ini - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Hanya Ada Satu MTs dan Dua SMP Swasta Masuk Peringkat Sepuluh Besar UN Tahun ini

www.inikebumen.net KEBUMEN - Hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs di Kabupaten Kebumen telah diumumkan, Jumat (2/6/2017). Peringkat sepuluh besar peraih ujian nasional tahun ini didominasi oleh sekolah-sekolah negeri. Hanya ada satu MTs negeri dan dua SMP swasta yang masuk ke dalam sekolah sepuluh teratas itu.

Sejumlah pelajar SMP serius mengerjakan soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada awal Mei 2017 lalu.


Diperingkat pertama ditempati SMPN 1 Kebumen, kemudian peringkat kedua MTsN 1 Kebumen. Disusul, SMPN 2 Gombong, SMPN 1 Karanganyar, SMPN 1 Gombong dan SMPN 3 Kebumen. Secara berturut-turut, peringkat ketujuh sampai kesepuluh, yaitu SMP Penabur Kebumen, SMPN 2 Kebumen, SMPN 1 Kutowinangun dan SMPIT Logaritma Karanganyar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono, menjelaskan tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah tidak melakukan perangkingan untuk hasil UN SMP/MTs se-Jawa Tengah.

"Sedangkan perangkingan tingkat Kabupaten Kebumen dilakukan secara manual. Dengan maksud untuk memotivasi SMP/ MTs untuk meningkatkan prestasinya," ujar Ujang Sugiono, saat dihubungi inikebumen.net.

Tercatat 22.804 siswa SMP/MTs mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini. Dari jumlah tersebut, 6.464 siswa dari 24 SMP dan lima MTs telah menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan sisanya yakni 16.340 siswa dari 86 SMP dan 82 MTs masih mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Sayangnya raihan nilai rata-rata ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP/MTs tahun 2017 di Kabupaten Kebumen cukup mengecewakan.Dari empat mata pelajaran yang diujikan, yakni matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan alam, nilainya mengalami penurunan drastis dibandingkan tahun lalu.

Jika tahun lalu mata pelajaran bahasa indonesia nilai rata-ratanya 76,80, tahun ini jauh dibawah harapan. Yakni turun menjadi 68,09. Kemudian, bahasa inggris nilai rata-rata tahun ini 41,95, jauh dari rata-rata tahun lalu 50,79. Begitu juga dengan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam mengalami nasib serupa. Tahun lalu nilai rata-rata mata pelajaran ini 56,70, sedangkan tahun ini turun ke 51,35.

Matematika menjadi satu-satunya mata pelajaran yang mengalami kenaikan tahun ini. Mata pelajaran matematika nilai rata-ratanya naik dari 48,49 menjadi 50,59. Kemudian, jika tahun lalu nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang diujikan pada UN SMP mencapai 58,81. Tahun ini merosot tajam menjadi 52,47.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>