Kebumen Kembali Gagal Pertahankan WTP - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Kebumen Kembali Gagal Pertahankan WTP

www.inikebumen.net KEBUMEN - Setelah tahun lalu Pemkab Kebumen berhasil memperbaiki laporan keuangannya sehingga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tahun ini Pemkab Kebumen tidak berhasil mempertahannya.

Kebumen Kembali Gagal Pertahankan WTP
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kebumen dengan agenda agenda penyampaian raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016

Berdasarkan laporan keuangan Pemkab Kebumen tahun anggaran 2016 yang diperiksa BPK, Pemkab Kebumen harus puas dengan hanya meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016 telah diserahkan pada Jumat (29/5/2017) di Semarang.

Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, menyampaikan kabar tersebut pada forum rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016. Rapat paripurna itu diselenggarakan di Ruang Paripurna DPRD, Senin (5/6/2017).

"Bila tahun sebelumnya kita berhasil meraih opini WTP yang merupakan opini tertinggi yang diberikan BPK terhadap pemeriksaan keuangan pemerintah. Tahun ini kita hanya memperoleh opini WDP," ujar bupati.

Penyebabnya, lanjut bupati, dalam laporan hasil pemeriksaan BPK masih terdapat catatan kelemahan sistem pengendalian intern. Yang menyangkut kegiatan pokok-pokok pikiran DPRD (Pokir).

Selain juga adanya catatan temuan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Hal ini menjadi perhatian kita bersama agar tahun berikutnya lebih meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan  lebih baik lagi untuk dapat meraih kembali opini WTP," pinta bupati.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>