Ratusan Ribu Benih Ikan Nilai Dilepas di Kedungdowo - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Ratusan Ribu Benih Ikan Nilai Dilepas di Kedungdowo

www.inikebumen.net PONCOWARNO - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, La Ode Haslan, menebar benih ikan nilai di Sungai Kedungdowo, Kecamatan Poncowarno, Kamis (8/6/2017).

Ratusan Ribu Benih Ikan Nilai Dilepas di Kedungdowo
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan La Ode Haslan melepas benih ikan nila.

Sebanyak 128.000 benih ikan nilai berukuran 5-7 centimeter dilepas La Ode Haslan, bersama pejabat Dinas Kelautam dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

"Penebaran benih ikan tersebut merupakan kegiatan rehabilitasi habitat vital perairan umum," ujar Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, Sri Pambudi, disela-sela acara, kepada inikebumen.net, kemarin.

Ia mengatakan penebaran ribuan benih ikan nilai itu sebagai upaya restocking ikan. Selain juga upaya pelestarian ikan di perairan umum yang ada di Kabupaten Kebumen.

"Harapannya dengan kegiatan ini populasi ikan meningkat. Sehingga masyarakat mudah mendapatkan ikan yang pada akhirnya konsumsi ikan juga akan meningkat," kata dia.

Berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikan populasi ikan. Salah satunya dengan inovasi Gerakan Masyarakat Melestarikan Ikan (Gema Lestarikan). "Jadi setiap dua bulan sekali warga yang tergabung dengan Kelompok ini arisan benih ikan. Yang kemudian ditebar benihnya ke sungai-sungai desa," ujar Sri Pambudi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, La Ode Haslan, menyampaikan banyaknya kegiatan penangkapan ikan menggunakan alat yang dilarang. Seperti strum dan racun ikan. Untuk mengatasi masalah tersebut.

Melalui Gema Lestarikan ini, pihaknya menggencarkan sosialisasi Undang Undang Perikanan. "Harapannya, masyarakat akan semakin peduli dengan lingkungannya," kata La Ode.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>