365 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibra - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

365 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibra

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 365 peserta mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Mereka berasal dari SMA/MA/SMK sederajat yang ada di Kabupaten Kebumen. Seleksi tersebut digelar di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati dan Alun-alun Kebumen, Selasa (18/7/2017).

365 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibra
Serma Marzuki saat memberi pembekalan kepada peserta seleksi Paskibra.
Seleksi yang harus diikuti peserta, yakni seleksi tinggi badan bagi siswa putri minimal 160 cm dan siswa putra 165 cm. "Yang lolos seleksi tinggi badan sebanyak 129 putra dan 66 putri," ujar Pelatih Paskibra Serma Marzuki, disela-sela seleksi.

Setelah itu, mereka mengikuti seleksi fisik berupa lari keliling Alun-alun. Yang dilanjutkan dengan baris berbaris. "Hari ini juga kita akan pilih 31 putra dan 16 putri yang akan menjadi pasukan pengibar bendera," imbuhnya.

Kemudian peserta yang terpilih akan mulai menjalani latihan pada 24 Juli hingga 14 Agustus mendatang. Ada tiga jenis pelatihan yang di berikan kepada calon Paskibra. Yakni seluruh calon Paskibra akan mengikuti tiga tahapan dasar mulai dari pengenalan baris –berbaris, pembinaan fisik dan pelatihan formasi.
   
Menurutnya, peserta akan menjadi bagian dari pasukan delapan yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera, pasukan 17, dan pasukan 45, serta sisanya menjadi pagar betis.

"Semua siswa yang mewakili sejumlah SMA/SMK se-Kebumen dan lolos seleksi di tingkat sekolah. Materi latihan tetap sama, yaitu baris-berbaris dan dan fisik," terangnya.
   
Adapun pelatih yang melatih selama 25 hari kedepan berasal dari Kodim 0709 Kebumen sebanyak tiga personil dan Satpol PP sebanyak tiga personil.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>