Desa Karangsari Dicanangkan jadi Ecovillage - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Desa Karangsari Dicanangkan jadi Ecovillage

www.inikebumen.net KEBUMEN - Desa Karangsari, Kecamatan Kebumen, diresmikan sebagai ecovillage pertama di Kabupaten Kebumen. Pencanangan itu dilakukan oleh Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, di lapangan desa setempat, Jumat (21/7/2017) pagi.

Desa Karangsari Dicanangkan jadi Ecovillage
Wakil Bupati Yazid Mahfudz, melepaskan burung ke alam bebas pada pencanangan Desa Karangsari sebagai ecovillage, Jumat (21/7/2017).
Pencanangan yang juga dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2017 itu ditandai dengan pelepasan burung kutilang, emprit, dan kutilang oleh wakil bupati ke alam bebas.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kebumen, Masagus Herunoto, menjelaskan dipilihnya Desa Karangsari, menjadi ecovillage karena desa tersebut sebagai salah satu desa pendukung adipura.

"Karena ini jadi rintisan desa peduli lingkungan karena dekat dengan perkotaan," ujar Masagus Herunoto, disela-sela acara.

Masagus berharap, Karangsari bisa menjadi contoh desa yang peduli lingkungan. Baik lingkungan alam, sosial, maupun budaya. "Sehingga ini bisa dikembangkan di desa-desa lainnya," imbuhnya.

Ecovillage merupakan kampung atau desa berwawasan lingkungan. Dimana masyarakatnya dinilai mampu mengelola lingkungannya berkelanjutan. Meliputi konservasi, pemanfaatan dan pemulihan lingkungan.

Pada acara itu juga digelar kerja bakti bersih-bersih lingkungan, pembuatan biopori hingga penanaman pohon. (*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>