Mirip Masjidil Haram, Benteng Van Der Wijk Gombong Jadi Tempat Favorit Manasik - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Mirip Masjidil Haram, Benteng Van Der Wijk Gombong Jadi Tempat Favorit Manasik

www.inikebumen.net GOMBONG - Benteng Van Der Wijk Gombong, saat ini menjadi tempat favorit untuk melakukan kegiatan manasik haji. Hal ini lantaran bentuknya yang mirip dengan Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah.

Mirip Masjidil Haram, Benteng Van Der Wijk Gombong Jadi Tempat Favorit Manasik
Rombongan jamaah KBIH Cilacap melakukan manasik di Benteng Van Der Wijk Gombong, Kamis (20/7/2017).
Tak hanya dari Kebumen saja yang menggelar manasik di bangunan bersejarah ini. Tetapi juga banyak dari daerah lain. Seperti yang dilakukan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bentukan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cilacap.

"Setelah kami melakukan survei di beberapa tempat,  ternyata ruangan gedung Benteng Van Der Wijk yang paling mirip bentuk dan ruang-ruangannya dengan Masjidil Haram di Makkah Al mukaromah," ujar Ketua PDM Cilacap, Kuswan Hasan, kepada inikebumen.net, disela-sela manasik  di Benteng Van Der Wijk, Kamis (20/7/2017.

Menurutnya, jamaah yang telah melakukan manasik di Benteng Van Der Wijk Gombong, begitu sampai di Mekah tidak akan kaget. "Mereka sudah terbayang tinggal meneruskan karena nyaris sama dengan Masjidil Haram. Baik bangunannya, tingkat-tingkatnya, bahkan bentuk sudut-sudutnya, nyaris sama," ungkapnya

Selain itu, lanjut dia, tempat penginapannya juga mirip di hotel-hotel tempat jamaah haji. Yang satu kamar dapat diisi beberapa orang. Bambang juga memuji servis yang diberikan pihak Benteng Van Der Wijk Gombong.

"Pelayannya yang luar biasa, fasilitasnya mencukupi, sopan santun pemilik dan pelaksana katering. Biayanya juga murah, seperti tidak mencari keuntungan. Sehingga kami sudah beberapa tahun tetap memilih tempat ini sebagai tempat manasik," kata dia.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>