Pemdes Tegalretno Lepas Penyu ke Laut Bebas - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Pemdes Tegalretno Lepas Penyu ke Laut Bebas

www.inikebumen.net PETANAHAN - Pemerintah Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, melepaskan tukik atau anak penyu ke laut bebas. Pelepasan satwa yang dilindungi itu dilakukan di Pantai Tegalretno, Rabu (19/7/2017) pagi.

 Pemdes Tegalretno Lepas Penyu  ke Laut Bebas
Tukik saat dilepas ke laut di Pantai Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Rabu (19/7/2017) pagi.
Pelepasan itu dilakukan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, serta mahasiswa KKN dari IAIN Purwokerto.

Plt Sekdes Tegalretno, Teguh Priyatno, menjelaskan pelepasan itu dilakukan setelah ada seekor penyu yang ditemukan bertelur di Pantai Tegalretno, pada 31 Mei lalu. Diketahui ada lebih dari 100 telur waktu itu.

"Atas perintah pak kades, kita amankan dengan cara dibiarkan di dalam pasir yang sekelilinghnya dipagari," ujar Teguh Priyanto, kepada inikebumen.net.

Setelah 47 hari, telur-telur itu pun menetas. Mengetahui hal itu Pemerintah Desa Tegalretno, berinisiatif melepasnya ke habitatnya. "Yang menetas termasuk banyak jumlah sampai 90 tukik. Itu yang kita lepas semuanya," imbuhnya.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan untuk membantu melestarikan penyu. Diapun menghimbau agar warga dapat ikut serta dalam gerakan pelestarian penyu ini. Apalagi, kawasan Pantai Tegalretno menjadi salah satu pantai yang menjadi jujugan penyu saat musim bertelur.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>