Tak Hanya Tunjangan yang Naik, DPRD Kebumen juga Borong 13 Mobil Baru - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Tak Hanya Tunjangan yang Naik, DPRD Kebumen juga Borong 13 Mobil Baru

www.inikebumen.net KEBUMEN - Tak hanya tunjangannya yang bakal naik, DPRD Kebumen juga baru saja membeli mobil dinas baru. Sebanyak 13 unit mobil baru untuk menggantikan mobil yang selama ini digunakan untuk operasional anggota DPRD sudah berada di halaman gedung wakil rakyat.

Tak Hanya Tunjangan yang Naik, DPRD Kebumen juga Borong 13 Mobil Baru
Kendaraan dinas baru DPRD Kebumen diparkir di halaman gedung wakil rakyat di Jalan Pahlawan, selatan Alun-alun Kebumen.
"Dari 13 unit lima unit sampai di DPRD pada hari Rabu (12/7/2017). Terus sisanya dikirim hari Kamis (13/7/2017)," ujar Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD, Romelan, kepada inikebumen.net, Jumat (14/7/2017).

Pengadaan kendaraan dinas baru itu menelan anggaran hingga Rp 2,831 miliar lebih yang bersumber dari APBD 2017. Jumlah ini lebih rendah Rp 209.726.000 dari pagu yang ditetapkan sebesar Rp 3.041 miliar lebih.

Kendaraan dinas itu terdiri dari 12 unit Toyota Avanza Veloz seharga Rp 208.930.000, per unitnya. Sehingga total Rp 2,507 miliar lebih. Kemudian satu unit Toyota Kijang Inova seharga Rp 290.560.000. Selain itu dua unit sepeda motor masing-masing seharga Rp 17.000.000.

Sebanyak 12 mobil diperuntukan untuk kendaraan operasional komisi-komisi yang ada di DPRD Kebumen. Sedangkan satu unit Toyota Kijang Inova untuk menggantikan mobil dinas Sekretaris DPRD, yang saat ini menggunakan Honda Civic.

BACA JUGA: 
> Tunjangan Anggota DPRD Kebumen Dipastikan Bakal Naik Berkali-kali Lipat
> Muhsinun: Tunjangan Naik Biar Anggota Dewan Tak Korupsi

Romelan menjelaskan, mobil-mobil baru itu untuk menggantikan kendaraan dinas yang ada sebelumnya. Yakni 4 unit mobil pengadaan tahun 2015, 5 unit mobil pengadaan tahun 2010 dan satu unit pengadaan 2007. "Jadi untuk peremajaan kendaraan dinas," ucapnya.

Selanjutnya, mobil-mobil lawas akan diserahkan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). "Kita akan serahkan ke bagian aset secepatnya setelah mobil pengganti sudah bisa digunakan," bebernya.

Lebih jaug ia menjelaskan, dalam pengadaan kendaraan dinas baru pihaknya menjamin dilakukan sesuai prosedur. Terlebih pihaknya menggunakan e-katalog, yang tidak bisa bermain harga.

Sekretaris DPRD Kebumen, Siti Kharisah, menegaskan kendaraan dinas itu hanya digunakan untuk operasional anggota dewan. Pihaknya melarang keras anggota membawa pulang ke rumah.

"Hanya boleh dipakai untuk bekerja, seperti kunjungan ke lapagan maupun untuk melakukan fungsi pengawasan," tandas Siti Kharisah.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>