Hari ini, Desa Kemukus Gelar Pilkades PAW - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Hari ini, Desa Kemukus Gelar Pilkades PAW

www.inikebumen.net KEBUMEN - Hari ini, Kamis (10/8/2017) Desa Kemukus, Kecamatan Gombong, dijadwalkan akan menyelenggarakan Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW). Pilkades PAW pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Kebumen ini diikuti oleh dua calon kepala desa.

Hari ini, Desa Kemukus Gelar Pilkades PAW
Ilustrasi
"Jumlah pemilih pada pilkades di Desa Kemukus, sebanyak 300 orang," terang Camat Gombong, Supoyo.

Supoyo menjelaskan, tidak semua warga setempat melakukan pemilihan langsung. Tetapi hanya diwakili oleh kepala keluarganya. Panitia Pilkades setempat hanya menetapkan 300 warga untuk memilih kepala desa.

Desa Kemukus menyelenggarakan Pilkades PAW karena kepala desa sebelumnya meninggal dunia. Sedangkan, sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun.

Terpisah, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kebumen Asep Nurdiana, mengatakan selain pemungutan suara, panitia Pilkades PAW Desa Kemukus hari ini juga langsung menetapkan kades terpilih. Yang selanjutnya, akan ditetapkan oleh bupati maksimal satu bulan selanjutnya.

Nantinya, kata Asep, Kades Kemukus terpilih pelantikannya bisa dibarengkan dengan Kades terpilih Desa Wirogaten, Kecamatan Mirit. Pasalnya, Desa Wirogaten juga akan menyelenggarakan Pilkades PAW pada 15 Agustus 2017.

"Sesuai dengan ketentuan, kepala desa terpilih dilantik oleh bupati maksimal satu bulan setelah kades terpilih itu ditetapkan," kata Asep, kepada inikebumen.net, Rabu (9/8/2017).

Untuk diketahui, mekanisme Pilkades PAW, akan dilaksanakan melalui musyawarah desa. Diselenggarakan khusus dalam jangka waktu paling lama enam bulan terhitung sejak kepala desa diberhentikan.

Sebelum itu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) membentuk panitia Pilkades PAW. Dan tugas panitia diantaranya untuk melakukan penjaringan bakal calon Kepala Desa antar waktu dan menetapkan sebagai calon. "Kades PAW ini bertugas sampai masa jabatan kades lama selesai. Kalau sisanya kurang dari satu itu baru diisi oleh Pj Kades," terang Asep Nurdiana.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>