Takmir Masjid Ikuti Sosialisasi Penanganan Hewan Kurban - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Takmir Masjid Ikuti Sosialisasi Penanganan Hewan Kurban

www.inikebumen.net KEBUMEN - Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen, memberikan pelatihan penanganan hewan kurban dan pengelolaan daging kurban standar ASUH. Yaitu Aman Sehat Utuh dan Halal. Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Aula Distapang Kebumen, Selasa (8/8/2017).

Takmir Masjid Ikuti Sosialisasi Penanganan Hewan Kurban
Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertaniang dan Pangan melakukan pemantauan khusus kepada hewan kurban di pasaran Kebumen. 
Acara tersebut menghadirkan dua narasumber dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen, H Khamid dan dari Balai Besar Veteriner Boyolali, Saeful Latif . Khamid, menyampaikan ada hewan yang tidak boleh untuk kurban diantaranya kurus kering, sakit parah dan cacat.

Sedangkan hewan ternak yang bisa untuk kurban adalah hewan yang sehat, gemuk dan sudah cukup umur. "Untuk sapi jantan umurnya dua tahun lebih atau sudah poel, kambing jantan besar atau gibas 1 tahun lebih atau sudah poel.

Selain itu dalam penyembelihan hewan kurban harus di perlakukan dengan baik, dengan pisau yang tajam. Ia mengatakan, pengetahuan dalam tata cara menyembelih hewan kurban, termasuk dapat mengenali dan menganalisa ciri fisik dari hewan kurban yang sehat dan layak disembelih maupun hewan kurban yang sakit.

Dalam kesempatan yang sama ,Saeful Latif,  dari BP Veteriner Boyolali menyampaikan bahwa hewan kurban yang mau disembelih tidak boleh stres. Harus diberi makan minum dalam kandang penampung dan sebelum disembelih harus dipuasakan dulu.

Selain itu hewan sebelum di kuliti harus benar-benar  mati setelah disembelih, antara daging dan jeroan harus dipisah dan di bungkus dengan plastik putih. Sosialisasi diikuti oleh takmir masjid , juru sembelih di desa mandiri , medis dan para medis petugas kecamatan.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>