Plt Gubernur Jateng Hibur Peserta Sunatan Massal di Gombong - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Plt Gubernur Jateng Hibur Peserta Sunatan Massal di Gombong

www.inikebumen.net GOMBONG - Sebanyak 70 anak mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018. Acara tersebut digelar di Pendopo Kecamatan Gombong, Selasa 22 Mei 2018.
Plt Gubernur Jateng Hibur Peserta Sunatan Massal di Gombong
Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, menghibur salat satu anak yang baru saja dikhitan di Gombong. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Hadir pada acara tersebut, Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Pj Sekda Kebumen Mahmud Fauzi, Kepala Dinsos PPKB Kebumen Budi Satrio, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Rini Kristiani, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, terlihat seorang anak laki-laki duduk di sudut ruangan, dengan tangan bergetar memegangi sarung. Raut mukanya masih memerah usai menangis. Sesekali masih terdengar isaknya. Kedua orangtuanya pun sibuk menghiburnya.

Dia adalah Assyakur, anak berusia tujuh tahun dari Desa Sawangan, Kecamatan Kuwarasan yang sudah mengikuti khitanan massal. Siswa kelas 1 SD itu masih menahan sakitnya dikhitan.

Heru Sudjatmoko yang melihat pemandangan itu, langsung menghampiri Assyakur yang masih terisak. Heru menghibur Assyakur dan menceritakan bahwa saat kecil, dia juga pernah mengalami hal yang sama. “Cepet gedhe sekolahe pinter. Nggak apa-apa. Dulu saya dikhitan juga hanya sakit sedikit,” kata Heru, didampingi Plt Bupati Kebumen.

Selain Assyakur, ada kurang lebih 70 anak lain yang mengikuti khitanan massal. Meski tak sedikit yang menangis, bahkan menjerit, para dokter melayani pasien-pasien kecil dengan sabar. Bahkan sambil melayani, para dokter mengajak mengobrol, agar melupakan rasa sakitnya.

Selain sunatan massal, di tempat itu juga digelar pengobatan gratis. Ratusan warga memanfaatkan kesempatan pengobatan massal tersebut. Sejumlah tenaga medis dan dokter sigap melayani mereka. Mendengarkan keluhannya dengan baik, memberikan informasi, memeriksa, dan memberikan obat. Rata-rata yang memeriksakan diri sudah berusia lansia.

Plt Gubernur Heru Sudjatmoko mengapresiasi khitanan dan pengobatan massal yang diselenggarakan dalam rangkaian Hari Kebangkitan Nasional tersebut. Dia berharap kegiatan itu dapat membantu masyarakat, khususnya yang kurang mampu.

Di samping pengobatan gratis dan khitanan massal, Pemprov Jateng melalui Bank Jateng juga memberikan 200 paket sembako kepada warga kurang mampu. Masing-masing paket berisi lima kilogram beras, dua kilogram gula pasir, dan dua liter minyak goreng.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>