Forum Pemberdayaan Masjid Kebumen Adakan Pelatihan Bagi Takmir Masjid

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Gedung Panti Muhammadiyah, PP Wiriosoedarmo Gombong, Minggu, 24 November 2019
Forum Pemberdayaan Masjid Kebumen Adakan Pelatihan Bagi Takmir Masjid
Suasana di dalam Masjid Agung Kauman, Kebumen, menjelang pelaksanaan shalat Isya.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Manajemen masjid yang baik harus memberikan tempat terbaik bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah maupun kegiatan sosial kemasyarakatan.

Karena itu peran takmir masjid harus ditingkatkan sehingga bisa menciptakan kemakmuran masjid. Hal ini yang mendorong Forum Pemberdayaan Masjid Kebumen menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Masjid.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Gedung Panti Muhammadiyah, PP Wiriosoedarmo Gombong, Minggu, 24 November 2019.

Menurut salah seorang panitia Hasan Irsyad,  mengatakan Pelatihan Manajemen Masjid akan diikuti peserta dari kawasan Gombong, Karanganyar dan Kebumen.

"Sampai saat ini sudah ada 26 takmir masjid yang mendaftar. Masing-masing mengirim 3-6 orang. Ada juga peserta perorangan sekitar 5 orang," jelas Hasan.

Sebagai narasumber Ustadz Agus Abadi (Ketua Takmir Masjid Jogokaryan, Yogyakarta) dan In'am el Mustofa (Pegiat sosial dan keagamaan).

"Insya Allah ada kemungkinan pemateri bertambah satu lagi yaitu, Dr. Yusron Masduki Dosen dari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Sampai saat ini, kami masih menunggu konfirmasi," lanjut Hasan.

Direncanakan pelatihan akan berlangsung sehari penuh. "Karena banyak materi yang akan disampaikan, selain sharing dan dialog dengan para takmir," tambahnya.

Melalui pelatihan tersebut Hasan berharap bisa membentuk karakter orang sebagaimana disebut dalam surat At Taubah ayat 18,

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah.

"Maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala),” pungkas Hasan.(*)
Powered by Blogger.