Air Mancur Taman Depan Pendopo Bupati Kebumen Mulai Diujicoba - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Air Mancur Taman Depan Pendopo Bupati Kebumen Mulai Diujicoba

Cara kerja air mancur tersebut otomatis dengan menggunakan sensor menyesuaikan dengan irama lagu yang sedang diputar.
Air Mancur Taman Depan Pendopo Bupati Kebumen Mulai Diujicoba
Air mancur dengan warna warni saat diujicoba
www.inikebumen.net KEBUMEN - Air mancur yang berada di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen mulai diujicoba pada Jumat malam, 6 Desember 2019.

Uji coba dilakukan dengan menghidupkan pompa air melalui panel listrik. Saat panel dihidupkan semburan air keluar setinggi 5 meter dan seakan mengeluarkan warna cahaya bergantian.

Cara kerja air mancur tersebut otomatis dengan menggunakan sensor menyesuaikan dengan irama lagu yang sedang diputar.

Taman air mancur di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen diharapkan sudah dapat dioperasikan penuh pada malam tahun baru 2020 mendatang. Sehingga nantinya dapat menghibur masyarakat yang berada di sekitar Alun-alun Kebumen.

Pembangunan taman air mancur tersebut kembali dilanjutkan setelah dua tahun mangkrak. Sebelum dilanjutkan, proyek senilai Rp 2,7 miliar lebih itu kondisi rusak cukup parah.

Dengan pertimbangan agar konstruksi yang sudah terlanjur dikerjakan tak rusak parah lebih, akhirnya proyek tersebut dilanjutkan kembali dengan nilai kontrak Rp 1,11 miliar lebih yang bersumber dari APBD 2019.

Baca juga: Sempat Mangkrak, Taman Air Mancur Ditaget Dapat Hibur Warga Kebumen Malam Tahun Baru 2020

Adapun pekerjaan tersebut dikerjakan oleh CV Anggun Perkasa, dengan konsultan perencana CV Luhur dan Konsultan Pengawas CV Well.

Setelah jadi, nantinya akan ada 660 air mancur di tempat itu. Selain mengganti lantai keramik, nantinya ada perubahan taman. Awalnya, ada tanaman artificial di kanan kiri pintu gerbang pendopo rumah dinas.

Tapi dalam pekerjaan berikutnya, tanaman tersebut akan diganti dengan tanaman hidup. Alasannya, perawatan tanaman artificial lebih sulit, terutama kelistrikan.

Penyempurnaan taman itu juga mengubah mekanikal air mancur. Mekanikal air mancur lama jumlah nozzle/ kran air mancur ada 330 buah di tiap sisi, dengan jumlah pompa air 8 buah.

Sistem mekanikal baru, jumlah nozzle air mancur tetap, tetapi pompa kecil ada di setiap nozzle. Daya listrik yang dimanfaatkan untuk menghidupkan air mancur mencapai 53.000 watt.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>