Peserta Meet Up Kabupaten #2 Perbaharui Informasi Melalui Photowalk

Meet Up Komunitas Kebumen Local Guides
Peserta Meet Up Kabupaten #2 Perbaharui Informasi Melalui Photowalk
Peserta Meet Up Kabupaten #2 melakukan foto bersama di depan Kantor Disporawisata Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Meet Up Kabupaten #2 diselenggarakan di Aula Disporawisata Kebumen, Minggu, 29 Desember 2019. Kegiatan diadakan komunitas Google Maps, yakni pengguna aplikasi Google Maps aktif, yang secara internasional tergabung dalam program bernama Local Guides dari Google.

"Untuk wilayah Kebumen terdapat komunitas Kebumen Local Guides," jelas Zul Kurniawan yang menjadi koordinatornya.

Dalam Meet Up Kabupaten #2 diagendakan 2 acara bagi Pokdarwis, pelaku UMKM maupun masyarakat umum Kebumen. "Kegiatannya berupa berburu foto bersama  (photowalk) dan tanya-jawab yang dikemas dalam bentuk workshop," imbuhnya.

Pada sesi  photowalk, peserta diajak menyusuri Jalan Pahlawan, Jalan S Parman, Jalan Mayjend Sutoyo dan kembali melalui Jalan Veteran. Selama kegiatan ini, mereka mengumpulkan foto dan video pada lokasi-lokasi yang mereka lewati.

Selesai sesi ini, para peserta istirahat sembari mengunggah foto dan video menggunakan aplikasi Google Maps secara serentak. Melalui cara ini, informasi telah diperbarui.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kebumen memang menjadi sasaran khusus kegiatan. Ditegaskan Zul Kurniawan dalam acara tersebut, bahwa manfaat peta online Google Maps bagi Pokdarwis dan UMKM pasti akan sangat terasa.

"Bahkan pengguna umum juga sering menggunakan Google Maps dalam kegiatan sehari-hari, misalnya aplikasi transportasi online (seperti: GoJek dan GrabBike). Mereka menggunakan data dengan peta dasar Google Maps. Komunitas Local Guides berperan sebagai relawan yang memastikan informasi di Google Maps sudah benar dan akurat," ungkapnya.

Kegiatan Meet Up #2 juga diisi dengan workshop mengenai Google Maps dan manfaatnya untuk Pokdarwis dan UMKM.

"Banyak pertanyaan yang memancing diskusi lebih lanjut oleh peserta, baik dari Pokdarwis, pelaku UMKM maupun peserta umum, kepada komunitas Local Guides. Antara lain tentang cara memperbaiki informasi usaha mereka di Google Maps, pembuatan lokasi wisata baru di Google Maps, dan lain sebagainya," jelas Zul.

Meski tidak semua hal sempat dibicarakan, sebagai tindak lanjut kegiatan, komunitas Kebumen Local Guides menyediakan sebuah grup WhatsApp untuk komunikasi lebih lanjut.

Sementara bagi yang tertarik, bisa menghubungi komunitas Kebumen Local Guides melalui Facebook atau Instagram @kebumenlocalguides untuk mendaftar secara cuma-cuma.

"Komunitas kami akan sangat senang jika aktifitasnya bisa memberikan manfaat lebih untuk masyarakat, khususnya pengguna aplikasi Google Maps," ucap Zul mengakhiri keterangannya.(*)
Powered by Blogger.