pendaftaran mahasiswa baru UPB

Sambut Bandara YIA, Empat Sektor Unggulan ini Berpeluang Besar Dikembangkan di Kebumen

Peluang Kebumen
Sambut Bandara YIA, Empat Sektor Unggulan ini Berpeluang Besar Dikembangkan di Kebumen
Workshop Kajian Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kesiapan Kabupaten Kebumen dalam Menangkap Peluang Keberadaan Bandara YIA
www.inikebumen.net KEBUMEN - Dibangunnya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, DIY, menambah peluang usaha masyarakat Kebumen. Utamanya di wilayah Kebumen selatan.

"Ada empat sektor unggulan  yang berpeluang besar untuk dikembangkan. Meliputi sektor pertanian, industri pengolahan, perdagangan dan pariwisata," ujar Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Kebumen Sri Winarti.

Sri Winarti memaparkan, posisi Kabupaten Kebumen memiliki potensi yang sekaligus menjadi kekuatan daerah. Mulai potensi hasil pertanian, peternakan, perikanan, industri rumah tangga, penduduk usia produktif, area industri serta potensi wisata. Bahkan DRD mencatat potensi wisata Kebumen sangat beragam.

"Mulai potensi wisata laut, gua dan pegunungan. Kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong juga merupakan potensi unggulan tersendiri," ujarnya.

Namun Kebumen juga memiliki banyak kelemahan seperti manajemen pengelolaan berbasis sektor perekonomian masih lemah, kualitas SDM aparatur sipil negara (ASN) yang masih rendah. Deferensial objek wisata di Kebumen belum digarap dengan baik dan aksetabilitas menuju kawasan wisata belum bagus.

DRD juga merekomendasikan Pemkab Kebumen agar mengembangkan sektor pariwisata secara terpadu, terencana dan berpedoman pada regulasi yang ada. Pengembangan daerah tujuan wisata (DTW) harus disusun lebih baik dari daerah tetangga, serta pembenahan akses jalan dan rambu-rambu lalu-lintas menuju kawasan objek wisata sehingga bus besar bisa masuk.

Hasil penelitiannya, telah dipaparkan pada Workshop dengan Tema Kajian Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kesiapan Kabupaten Kebumen dalam Menangkap Peluang Keberadaan YIA  di Pendopo Rumdin Bupati, belum lama ini.

DRD Kebumen menilai saat ini Kebumen memiliki potensi pariwisata yang sangat beragam dan berpotensi menjadi daya tarik agar wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke Kebumen. Namun masih banyak kendala terkait sarana prasarana, inovasi serta model pengelolaan pariwisata.(*)
Powered by Blogger.