Tanggap Bencana, Polres Kebumen Gelar Pelatihan SAR

Tingkatkan Kemampuan Tanggap Bencana, Polres Kebumen Gelar Pelatihan SAR
Tanggap Bencana, Polres Kebumen Gelar Pelatihan SAR
Personel Polres Kebumen saat mengikuti pelatihan rappeling (Foto: Humas Polres Kebumen)
www.inikebumen.net KEBUMEN - Polres Kebumen menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR) di tebing wadas Desa Gemesekti, Kecamatan Kebumen, Sabtu pagi, 7 Desember 2019. Pelatihan diikuti oleh semua fungsi yang ada di Polres Kebumen.

Mereka mengikuti pelatihan rappeling (menuruni tebing), dengan instruktur Kasubbag Dalops AKP Krida Ristanto dan KBO Binmas Iptu Daryadi.

Pelatihan tersebut sengaja digelar sebagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir atau tanah longsor yang terjadi menjelang musim hujan di wilayah hukum Polres Kebumen.

Dalam kesempatan tersebut para personil dilatih untuk melakukan penyelamatan dengan menuruni tebing menggunakan media tali kernmatle ( biasa disebut tali karmantel ), selain itu petugas juga dilatih cara membawa dan menyelamatkan korban dari ketinggian.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, mengatakan seluruh fungsi dilibatkan berkaitan dengan dibentuknya Tim reaksi cepat tanggap bencana. Yang personilnya terdiri dari semua fungsi di kepolisian.

"Polres Kebumen bentuk tim reaksi cepat tanggap bencana. Hal ini dilakukan sebagai langkah pertolongan cepat guna meminimalisir adanya korban jiwa pada saat bencana datang," ujar Kapolres.

"Kami juga memaksimalkan anggota dengan cara mengikutsertakan seluruh fungsi yang ada di kepolisian, jadi tidak hanya sat samapta saja," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.