Bertemu Jenderal Andika, Gus Yazid Hibahkan Tanah Milik Pemkab untuk Kodim Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Bertemu Jenderal Andika, Gus Yazid Hibahkan Tanah Milik Pemkab untuk Kodim Kebumen

"Tanah yang dihibahkan berlokasi persis di timur Terminal Bus Kebumen,"
Bertemu Jenderal Andika, Gus Yazid Hibahkan Tanah Milik Pemkab untuk Kodim  Kebumen
Bupati Yazid Mahfudz dan rombongan foto bersama dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa
www.inikebumen.net JAKARTA - Pemkab Kebumen menghibahkan tanah seluas 1,5 hektare di Jalan Lingkar Selatan untuk dibangun Makodim 0709 Kebumen.

Persetujuan permohonan hibah yang diajukan Kodim 0709 Kebumen itu disampaikan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz,  saat melakukan audiensi dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.

"Tanah yang dihibahkan berlokasi persis di timur Terminal Bus Kebumen," kata Bupati Yazid Mahfudz, disela-sela kunjungannya.

Bupati mengatakan semula pihaknya menyiapkan dua calon lokasi Makodim 0709 Kebumen. Yaitu tanah bekas RSUD Bojong Kelurahan Panjer dan tanah di timur terminal Bus Kebumen.

"Namun dengan pertimbangan bekas RSUD merupakan bangunan tua sudah masuk cagar budaya sehingga prosesnya lebih aman jika yang dihibahkan tanah di Jalan lingkar Selatan," ujarnya.

Baca juga: 71 Tahun Numpang, Makodim 0709 Kebumen Rencananya Bakal Dipindah ke Bekas RSUD Lawas

Menurutnya, sejak Kemerdekaan 1945 hingga kini Kodim 0709 Kebumen belum memiliki Makodim permanen. Bangunan yang ada sekarang menempati atau menumpang tanah Perusda Provinsi Jateng di kompleks bekas pabrik minyak kelapa Sari Nabati, kini jadi Mexolie Hotel. Akibatnya pihak TNI AD dan Kodim 0709/Kebumen tidak bisa membangun secara permanen.

"Alasan dasar itulah kami menyetujui hibah dan kemudian mengajukan permohonan menghadap bapak KSAD," imbuhnya.

Pihaknya memperkirakan, jika proses hibah dan administrasi bersama BPN lancar, kemungkinan pembangunan Makodim 0709 Kebumen bisa dilaksanakan pada 2021 oleh TNI AD. KSAD menyambut baik hibah dari Pemkab tersebut dan dalam kunjungan itu rombongan Pemkab Kebumen diterima dengan hangat.

Pada kesempatan itu, Pemkab Kebumen juga menghibahkan tanah milik Pemkab untuk Koramil Poncowarno dan Padureso. Mengingat sejak ada pemekaran kecamatan beberapa tahun lalu, masih ada beberapa kecamatan belum memiliki kantor Koramil lengkap.

Untuk Koramil Padureso dan Poncowarno, sudah ada tanah Pemkab berdekatan dengan Kantor Kecamatan setempat. Sedangkan untuk Koramil Sadang masih harus dicarikan solusi karena tanah yang ada jauh dari kompleks kantor kecamatan.

Dalam kunjungan tersebut Bupati didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kabag Pemerintahan Agus Susanto, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang serta mantan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang. Ikut pula dalam audiensi tersebut pejabat Perusda Provinsi Jateng.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>