Longsor Memutus Akses Jalan Penghubung Dua Pedukuhan di Kajoran Karanggayam

Polsek Karanggayam bersama warga melakukan kerjabakti benahi tanah longsor di Kaligowok
Longsor Memutus Akses Jalan Penghubung Dua Pedukuhan di Kajoran Karanggayam
Polisi bersama TNI dan warga melakukan kerja bakti membersihkan longsoran. (Foto: Humas Polres Kebumen)
www.inikebumen.net KARANGGAYAM - Hujan deras menyebabkan sebuah talud longsor menutup akses jalan penghubung Dukuh Jatiwera dan Kaligowok Desa Kajoran Kecamatan Karanggayam. Peristiwa itu terjadi pada Rabu dini hari, 8 Januari 2020.

Sebelumnya, pada Minggu 5 Januari 2020 lalu di tempat yang sama sudah terjadi longsor. Kemudian, diperparah dengan longsor susulan pada Rabu dini hari. Jika tidak segera dibenahi, kemungkinan besar tanah longsor akan memasuki kandang ternak milik warga yang berada di dekat lokasi kejadian.

Polsek Karanggayam bersama TNI dan masyarakat melakukan keja bakti membersihkan sisa longsoran tanah dan membuat talud dari kantong plastik yang diisi tanah. Meski bersifat sementara, diharapkan cara ini akan efektif mengurangi tanah longsor di daerah itu.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kasubbag Humas Iptu Tugiman, mengatakan pihaknya sudah menerima laporan tanah longsor di Dukuh Jatiwera Desa Kajoran Karanggayam.

"Perbaikan sudah dilakukan dari tadi pagi. Informasi terakhir sing ini pengerjaan telah selesai. Tanah sudah berhasil disingkirkan, jalan sudah bisa dilalui," jelas Iptu Tugiman.

Menurutnya, Kebumen termasuk daerah rawan longsor saat memasuki musim penghujan. Ia pun mengimbau kepada masyarkat yang berada di dekat lereng untuk lebih waspada terhadap ancaman longsor.

Jika tidak memungkinkan, warga bisa mengungsi ke tempat yang lebih aman atau di rumah saudara.(*)
Powered by Blogger.