Curah Hujan Mulai Tinggi, Posko Bencana Alam di Kebumen Siaga 24 Jam

Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Kebumen Siapkan Penanggulangan Bencana Alam
Curah Hujan Mulai Tinggi, Posko Bencana Alam di Kebumen Siaga 24 Jam
Ilustrasi
www.inikebumen.net KEBUMEN - Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Salam, menyatakan, pihaknya siap siaga 1x24 jam di Posko Bencana Alam Jalan Arungbinang. Hal itu dilakukan menyusul intensitas hujan di Kabupaten Kebumen sudah mulai meningkat.

Pernyataan Salam disampaikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Alam di Mapolres Kebumen, Selasa, 7 Januari 2019. Rakor yang digelar oleh Polres Kebumen bersama Kodim 0709/Kebumen, BPBD dan instansi terkait itu banyak membahas kesiapan penanganan bencana alam menghadapi curah hujan yang terus meningkat dewasa.

"Kami juga siap bersinergi dengan semua pihak, baik dengan jajaran Polres, Kodim 0709 maupun unsur terkait di Pemkab hingga sukarelawan," tegas pria yang juga Ketua Satkotlak Penanganan Bencana Alam

Rakor dihadiri Kapolres Kebumen AKP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Kabid Kedaruratan dan Logistk BPBD Kebumen Salam. Serta unsur organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemkab Kebumen dan para Kapolsek

Kapolres Kebumen selaku pimpinan rapat mengungkapkan, meningkatnya curah hujan di wilayah Kebumen belakangan ini harus disikapi dengan serius. Beberapa peristiwa bencana alam telah terjadi, mulai dari hujan lebat diserta angin kencang, menyebabkan pohon tumbang menimpa rumah dan menutup jalan pada akhir tahun lalu. Bahkan tanggul Sungai Telomoyo di Kecamatan Adimulyo pada 2019 telah jebol.

Dalam kesiapan penanganan bencana dari Polres Kebumen menyiapkan satgas khusus tim reaksi cepat penanganan bencana.

"Kita siapkan pos penanganan bencana alam Polres Kebumen, di kantor Sat Samapta Polres Kebumen. Kita semua siap digerakkan," kata Rudy.

Dalam kesempatan itu beberapa perwakilan dari OPD Pemkab seperti DPUPR, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana serta Dinas Perkim LH menyatakan kesiapannya menghadapi peningkatan curah hujan di daerah Kebumen.

Dinas PUPR misalnya, menyiapkan alat berat untuk evakuasi bila sewaktu-waktu ada longsor dan butuh pertolongan untuk korban. Dinas Perkim LH juga siap mendukung kebersihan saluran drainase saat hujan lebat serta melakukan operasi pohon-pohon potensi tumbang untuk dipangkas. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana pun menyiapkan dapur umum dan bantuan sosial lain yang diperlukan.

“Harapan kita melalui rakor dan persiapan semua pihak secara memadai bisa mengatasi berbagai bencana alam. Namun kita juga berdoa Kebumen tetap aman dan kondusif serta tidak terjadi bencana alam lagi," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.