Jadi Irup HAB Kementerian Agama, Bupati Kebumen Bacakan Sambutan Tertulis Menteri Agama

HAB Kementerian Agama
Jadi Irup HAB Kementerian Agama, Bupati Kebumen Bacakan Sambutan Tertulis Menteri Agama
Bupati Yazid Mahfudz menyematkan tanda kehormatan kepada PNS Kemenag Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Bupati Yazid Mahfudz, menjadi inspektur upacara pada Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-74 di Alun-alun Kebumen, Jumat pagi, 3 Januari 2020.

Hadir pada upacara itu, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H Panut. Serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen.

Upacara tersebut diikuti oleh ribuan peserta, yang berasal dari pejabat di lingkungan Kementerian Agama Kebumen, Kepala KUA, Kepala Madrasah Aliyah, Kepala MTs se-Kabupaten Kebumen. Serta pelajar dari berbagai sekolah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Kebumen.

Yazid Mahfudz, membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Fachrul Razi, yang menyampaikan agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

"Para founding fathers negara kita dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara mana pun," ujarnya.

Menteri Agama juga menegaskan bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan. Apalagi  dipertentangkan. Tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

"Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme," tegasnya.(*)
Powered by Blogger.