Waduk Wadaslintas Bakal Dialirkan 1 Februari, Petani Diminta Segera Olah Lahan Pertanian

Air Waduk Wadaslintang akan mulai dialirkan 1 Februari 2020
Waduk Wadaslintas Bakal Dialirkan 1 Februari, Petani Diminta Segera Olah Lahan Pertanian
Kondisi saluran induk Bedegolan
www.inikebumen.net KEBUMEN - Waduk Wadaslintang dijadwalkan akan dialirkan mulai 1 Februari 2020. Air dialirkan untuk memenuhi kebutuhan petani pada musim tanam pertama (MT I) yang sudah sangat mundur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kebumen, Haryono Wahyudi, mengatakan sesuai hasil Rakor Alokasi Air Waduk Wadaslintang di Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Progo Bogowonto Lukulo, Selasa, 20 Januari 2020, air dari waduk tersebut akan dialirkan selama 90 hari.

"Setelah itu air waduk akan ditutup kembali, dengan catatan apabila sebelum 90 hari kebutuhan air sudah tercukupi," kata Haryono Wahyudi.

Hingga Rabu pagi, 29 Januari 2020 pukul 08.30 WIB kondisi elevasi spilway Waduk Wadaslintang 185.00 mdpl dan elevasi muka air waduk 161.800 mdpl. Adapun realisasi tanam daerah irigasi Wadaslintang hingga Januari sudah mencapai 31.101 hektar dengan rincian pengolahan tanah 8.990 hektar, pertumbuhan I 11.410 hektar dan palawija 136 hektar.

Terpisah, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, Ifah Ismatul Banat, mengimbau para petani untuk mempercepat dalam mengolah lahan pertanian. Hal ini perlu dilakukan menyusul kondisi air waduk yang belum optimal.

"Kita akan mengoptimalkan para penyuluh di lapangan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar melakukan percepatan pengolahan," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.