Dukung Geopark Karangsambung, SMAN 1 Kebumen Dirikan Galeri Seni - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Dukung Geopark Karangsambung, SMAN 1 Kebumen Dirikan Galeri Seni

Resmikan Galeri Seni, Wabup Kebumen Minta Geopark Dikenalkan Sejak Dini
Dukung Geopark Karangsambung, SMAN 1 Kebumen Dirikan Galeri Seni
Galeri Seni yang baru diresmikan dipenuhi pengunjung.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Untuk mendukung keberadaan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK), SMA Negeri 1 Kebumen mendirikan galeri seni.

Galeri Seni SMA Negeri 1 Kebumen diresmikan oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto, pada Senin, 24 Februari 2020.

Kepala SMAN 1 Kebumen Rachmat Priyono, menjelaskan pada galeri berukuran 18x8 meter itu menampilkan berbagai potensi unggulan seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Kebumen. Seperti wayang golek menak, hingga cepetan.

"Termasuk potensi menyajikan koleksi bongkahan batuan purba dari wilayah Karangsambung," terangnya.

Selain itu, juga menampilkakn foto-foto Kebumen tempo dulu, foto tokoh pendiri Kebumen hingga kerajinan seperti keramik, anyaman pandan, gerabah, batik Kebumen serta kuliner khas Kebumen.

Selain menyaksikan potensi seni budaya yang ada, keberadaan galeri seni ini juga dijadikan pusat pembelajaran bagi siswa SD, SMP/MTs, SMK/SMA/MA. "Silahkan bagi yang berkunjung dapat menghubungi sekolah," imbuhnya. 

Bahkan, setiap Minggu akan dibuka untuk umum. Masyarakat yang sedang menikmati Car Free Day dapat berkunjung ke galeri ini. "Galeri ini terbuka untuk umum," kata dia.

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan melati dihadiri oleh sejumlah pejabat.

Diantaranya, Asisten Sekda Hery Setyanto, Kepala Dinas Pendidikan Moh Amirudin, Kepala Disarpus Anna Ratnawati. Kemudian, Kepala UPT LIPI Karangsambung Edi Hidayat, Ketua Harian GNKK Djunaedi Faturakhman, Kepala SMA Negeri 1 Kebumen Rachmat Priyono.

"Saya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas berdirinya Galeri Seni SMA Negeri 1 Kebumen ini," kata Wakil Bupati Arif Sugiyanto, disela-sela meninjai galeri.

Menurutnya, dengan berdirinya galeri ini selain memberi manfaat terhadap dunia pendidikan, juga pengetahuan berbagai potensi seni, budaya, pariwisata. Selain juga sangat mendukung keberadaan Geopark Karangsambung Karangbolong.

"Keberadaan geopark yang kita miliki dikenalkan sejak dini kepada para pelajar. Sehingga mereka aka lebih paham dan ke depannya mau menjaga kelestariannya," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>