Peduli Lingkungan, Karang Taruna Karangsambung Tanam Pohon di DAS Kalikecot - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Peduli Lingkungan, Karang Taruna Karangsambung Tanam Pohon di DAS Kalikecot

Penanaman tanaman konservasi seperti ini merupakan program Karang Taruna Karangsambung.

Peduli Lingkungan, Karang Taruna Karangsambung Tanam Pohon di DAS Kalikecot
Peserta penanaman pohon melakukan foto bersama 
www.inikebumen.net KARANGSAMBUNG - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lahan dan konservasi alam, Karang Taruna Kecamatan Karangsambung bekerjasama dengan warga Desa Wadasmalang, melakukan kegiatan penanaman pohon. 

Kegiatan yang juga melibatkan Sedulur Hasto dilakukan dengan menanam 250 bibit pohon bermacam buah-buahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalikecot, Wadasmalang, Minggu, 16 Februari 2020.

Menurut Ketua Karang Taruna Karangsambung Eko Siswoyo, pihaknya melakukan inisiasi gerakan penanaman pohon ini sebagai wujud kepedulian pemuda yang tergabung dalam karang taruna terhadap kelestarian lingkungan.

"Penanaman tanaman konservasi seperti ini merupakan program Karang Taruna Karangsambung. Kami juga banyak menanam di kawasan wisata alam," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dusun Kalikecot Wadasmalang, Sugiarto mengatakan, kegiatan penanaman tanaman konservasi kali ini merupakan lanjutan dari 150 pohon aren yg sudah ditanam sebelumnya. 

"Kali ini pohon yang ditanam adalah pohon buah-buahan seperti mangga, kelengkeng, jambu, rambutan, dan kenari. Kami berharap dengan adanya penanaman ini, disamping melakukan penghijauan, juga dapat memberi efek ekonomi kepada masyarakat," tuturnya.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Desa Wadasmalang terhadap kelestarian alam, Desa Wadasmalang juga telah memiliki perdes terkait pelestarian lingkungan. Ruang lingkupnya meliputi pelarangan penangkapan ikan dengan obat dan setrum, pengambilan bahan bonsai, serta perburuan/penembakan burung.

Hadirnya Sedulur Hasto dalam kegiatan penanaman tanaman konservasi menambah semangat masyarakat Wadasmalang. Ketua Karang Taruna Karangsambung dan Kadus Kalikecot memberikan apresiasi terhadap Sedulur Hasto yang juga peduli terhadap lingkungan. 

"Kami berharap, kerjasama ini dapat berkesinambungan," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>