Penting! Besok 1 Rajab 1441 H, Berikut Amalan yang Dianjurkan

Puasa tiga hari di bulan Rajab, terhindar dari bala dan penyakit jiwa. Puasa tujuh hari ditutup tujuh pintu neraka. 
Penting! Besok 1 Rajab 1441 H, Berikut Amalan yang Dianjurkan
Ilustrasi (NU Online)
www.inikebumen.net KEBUMEN - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF Falakiyah) menetapkan 1 Rajab 1441 H jatuh pada Selasa Legi, 25 Februari 2020. Penetapan ini karena rukyah yang dilakukan pada Ahad petang tidak dapat melihat hilal.

Dikutip dari NU Online, Sekretaris LF PBNU H Nahari Muslih, menjelaskan awal Rajab 1441 H bertepatan dengan hari Selasa Legi (mulai malam Selasa Legi), 25 Februari 2020 atas dasar istikmal. Sebab rukyah pada Ahad petang tidak dapat melihat hilal.

Bulan Rajab dipercaya umat Islam sebagai bulan istimewa. Di bulan istimewa ini umat Islam dianjurkan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Seperti shalat, puasa, shalawat, dan istighfar. Semua ibadah yang dilakukan ini harus diniatkan karena mengharapkan ridla Allah dengan penuh keimanan dan keyakinan.

Fadhilah ibadah di bulan Rajab diantaranya puasa yang diterangkan dalam Kitab Duratun Nasihin. Puasa selama dua hari di bulan Rajab akan mendapatkan balasan kemuliaan dari Allah serta seisi dunia.

Kemudian, puasa tiga hari terhindar dari bala dan penyakit jiwa. Puasa tujuh hari ditutup tujuh pintu neraka. Puasa delapan hari dibuka delapan pintu surga.

Puasa 10 hari tidak dihisab amalnya. Puasa 15 hari akan diampuni dosa sebelumnya serta mengganti keburukan dengan kebaikan.

Dalam bulan Rajab juga dianjurkan melakukan shalat sunnat bakda Maghrib 20 rakaat 10 salam dengan keutamaan akan dijaga oleh Allah dari kesulitan di dunia dan akhirat.(*)
Powered by Blogger.