Turun ke Sawah, Bupati Kebumen Pimpin Tanam Padi di Kembaran - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Turun ke Sawah, Bupati Kebumen Pimpin Tanam Padi di Kembaran

Penerapan sistem pertanian didasarkan pada IPTEK. Termasuk juga pengunaan mesin-mesin pertanian. Karenanya, alat mesin pertanian (alsintan) menjadi penting. 
Turun ke Sawah, Bupati Kebumen Pimpin Tanam Padi di Kembaran
Bupati Yazid Mahfudz, menanam padi menggunakan alsintan
www.inikebumen.net KEBUMEN - Bupati Yazid Mahfudz, turun langsung ke sawah mengomandoi pelaksanaan tanam padi di Desa Kembaran, Kecamatan Kebumen, Kamis 13 Februari 2020.

Bupati yang mengenakan kemeja putih dan caping turun ke sawah didampingi Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara, Kepala Distapang Tri Haryono, Kepala Disperindag Widiatmoko. Tanam padi dalam rangka penerapan mekanisme pertanian juga dihadiri perwakilan Gapoktan dan Kepala Desa se Kecamatan Kebumen.

Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan inovasi ini mengajak para petani untuk semakin mengenal dan memanfaatkan teknologi agar maksimal hasil pertaniannya. Sehingga kesejahteraan petani meningkat.

"Kita harus bisa mempertahankan dan meningkatkan produktivitas pertanian. Untuk itu, kita harus bisa meningkatkan kualitas petani dan juga teknologinya. Termasuk pengembangan benih unggul," kata Yazid Mahfudz.

Menurutnya, penerapan sistem pertanian didasarkan pada IPTEK. Termasuk juga pengunaan mesin-mesin pertanian. Karenanya, alat mesin pertanian (alsintan) menjadi penting.

"Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan teknologi budidaya tanaman pangan dengan mekanisasi pertanian. Sebagai upaya peningkatan kemampuan petani dalam mengelola lahan pertanian dan produksinya," ujarnya.

Ia menambahkan, pada tahun ini pemerintah juga mengucurkan bantuan benih kepada para petani. Yakni melalui APBD Kebumen berupa benih padi sejumlah 300 hektar, benih jagung 200 hektare, dan benih kedelai 50 hektar.

Kemudian, APBD Provinsi benih padi gogo sebesar 200 hektar, jagung 350 hektare,  benih kedelai     500 hektare.

Selanjutnya,  APBN pusat bantuan benih padi gogo 2.872 hektare benih padi sawah 6.100 hekate, benih jagung 3.950 hektare,  benih kedelai 1.112 hektare ih kacang hijau 200 hektare.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>