pendaftaran mahasiswa baru UPB

Lawan Corona, Pemkab Kebumen Diminta Optimalkan Social Distancing

Lewat Video Conference, Ganjar Puji Langkah Penanganan Corona di Kebumen 
Lawan Corona, Pemkab Kebumen Diminta Optimalkan Social Distancing
Ilustrasi
INI Kebumen, Kebumen - Gubernur Ganjar Pranowo, mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Kebumen dalam penanggulangan wabah virus corona atau COVID-19. 

"(Penanangannya) sudah bagus. Selebihnya laporkan dan komunikasikan melalui dinas kabupatan dengan dinas provinsi," kata Ganjar Pranowo, melalui video conference terkait penanggulangan virus corona, Senin, 23 Maret 2020.

1. Pemkab Kebumen diminta optimalkan sosialisasi social distancing

Lawan Corona, Pemkab Kebumen Diminta Optimalkan Social Distancing
Salah satu penerapan social distancing
Ganjar meminta Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Kebumen, dalam melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum menggunakan bahan yang tidak beracun. Selain itu, titik yang disemprot pilih tempat yang sering dipegang oleh warga.

"Ngepel itu lebih baik. Kecuali rumah sakit, itu memang harus pakai didisinfektan," ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga meminta Pemkab Kebumen melalui Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 untuk menggencarkan sosialisasi social distancing.

"Optimalkan social distancing kepada masyarakat. Baik di terminal, pasar maupun fasilitas umum lainnya," imbuhnya.

2. Jumlah ODP di Kebumen sebanyak 290 orang, PDP 23 orang dan 2 pasien meninggal, 1 suspect corona dan 1 negatif corona
Lawan Corona, Pemkab Kebumen Diminta Optimalkan Social Distancing
Tangkapan layar data pantauan COVID-19 di Kabupaten Kebumen
Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Kebumen, Arif Sugianto, mengikuti video conference tersebut di Posko COVID-19 Dinas Kesehatan Kebumen.

Turut hadir Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang. Didampingi oleh Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, Kepala Dinas Kesehatan HA Dwi Budi Satrio, serta pimpina OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.

Pada kesempatan itu, Arif Sugiyanto, yang juga Wakil Bupati melaporkan terkait perkembangan kasus COVID-19 di Kebumen. Yakni hingga Senin siang, jumlah orang dalam pemantuan (ODP) dan pasien dalam pengawasan atau PDP di Kebumen terus bertambah.

Data terakhir per tanggal 23 Maret 2020 jumlah ODP sebanyak 290 orang, PDP 23 orang dan 2 pasien meninggal, 1 suspect corona dan 1 negatif corona.

"Pasien meninggal dua orang, yang satu negatif corona dan satunya suspect. Bagi keluarga korban kini sudah dilakukan karantina dan penyemprotan disinfektan rumah korban," kata Arif.

3. Setiap rumah sakit di Kebumen siap menerima ODP dan PDP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan
Lawan Corona, Pemkab Kebumen Diminta Optimalkan Social Distancing
Wakil Bupati Arif Sugiyanto saat menyampaikan laporan ke Gubernur Ganjar Pranowo melalui video conference
Arif menegaskan, Pemkab Kebumen terus melakukan penanganan serius untuk mencegah adanya korban positif corona di Kebumen. Saat ini, lanjut Arif, setiap rumah sakit di Kebumen siap menerima ODP dan PDP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"RSUD Sudirman telah menyiapkan 38 kamar khusus bagi suspect corona," ungkapnya.

Langkah lain yang telah dilakukan, diantaranya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas publik. "Selain itu kami juga telah mengantisipasi dengan penyediaan kebutuhan pokok hingga tiga bulan kedepan bagi masyarakat," kata dia.(*)
Powered by Blogger.