pendaftaran mahasiswa baru UPB

Musim Kemarau di Kebumen Tahun ini Diprediksi Mulai April Dasarian Ketiga

"Puncak musim kemarau 2020, umumya diprakirakan terjadi pada bulan Agustus,"
Ilustrasi
INI Kebumen, Kebumen - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau di Kabupaten Kebumen tahun ini akan terjadi pada April dasarian ketiga.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Tuban Wiyoso, dalam keterangannya menjelaskan awal musim kemarau 2020 paling awal terjadi pada April dasarian ketiga. Yang terjadi di sebagian besar Kabupaten Demak, Jepara, Kudus dan Wonogiri.

"Sebagian Karanganyar dan Pati, sebagian wilayah selatan Purworejo, sebagian kecil tenggara Kabupaten Kebumen dan sebagian kecil Kabupaten Grobogan," kata Tuban Wiyoso, Senin, 30 Maret 2020.

1. Musim kemarau di Jawa Tengah umumnya terjadi pada Mei

Musim Kemarau di Kebumen Tahun ini Diprediksi Mulai April Dasarian Ketiga
Warga Kenteng ngangsu air dengan menggunakan sepeda motor pada musim kemarau 2019
Kemudian, awal musim kemarau 2020 paling akhir terjadi pada Juni dasarian pertama. Terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Semarang, Cilacap, Banjarnegara dan Wonosobo, Purbalingga, Kebumen dan Kota Salatiga bagian utara.

Kemudian, wilayah tenggara Kabupaten Brebes, sebagian kecil wilayah utara Banyumas dan  Purworejo. Selanjutnya, sebagian wilayah timur Temanggung dan sebagian kecil Kendal). 

"Awal musim kemarau 2020 di wilayah Jawa Tengah umumnya diprakirakan terjadi pada bulan Mei," ujarnya.

2. Puncak kemarau diprediksi terjadi pada Agustus
Musim Kemarau di Kebumen Tahun ini Diprediksi Mulai April Dasarian Ketiga
Ilustrasi
Menurutnya, sifat hujan periode musim kemarau 2020 umumnya diprakirakan normal. Perbandingan awal musim kemarau 2020 umumnya diprakirakan sama dan mundur atau lebih lambat satu dasarian (10 hari) dari normalnya.

Sedangkan, panjang periode musim kemarau 2020 terpendek 11 Dasarian atau sekitar 4 bulan. Meliputi wilayah sebagian Banjarnegara, Cilacap bagian selatan, Purbalingga dan Kebumen bagian utara.

Kemudian sebagian wilayah selatan Pemalang dan Pekalongan, sebagian kecil Brebes, Tegal, Banyumas dan Wonosobo. Sedangkan yang terpanjang 21 dasarian atau 7 bulan, terjadi di wilayah pesisir Pati dan Rembang.

"Puncak musim kemarau 2020, umumya diprakirakan terjadi pada bulan Agustus," ungkapnya.(*)
Powered by Blogger.