Rentan Serangan Siber, Pemkab Kebumen Bakal Bentuk Tim Gov-CSIRT

Layanan berbasis teknologi yang dikelola oleh pemerintah rentan dari ancaman siber.
Rentan Serangan Siber, Pemkab Kebumen Bakal Bentuk Tim Gov-CSIRT
Sriyanto, menyampaikan paparan pada sosialisasi Computer Security Team (CSIRT)
INI Kebumen, Kebumen - Pemkab Kebumen bakal membentuk Tim Respon Insiden Keamanan Siber Pemerintah atau Government Cyber Security Insiden Response Team (Gov-CSIRT). Tim ini dibentuk untuk mengantisipasi dan mengatasi serangan siber di sektor pemerintah.

Tim Gov-CSIRT merupakan tim respon insiden siber sektor pemerintah yang memberikan layanan respon insiden di sektor pemerintah. Tim ini memberikan layanan yang meliputi aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber. Diantaranya triase insiden, koordinasi insiden dan resolusi insiden.

"Ke depannya Pemkab Kebumen akan segera membentuk tim Gov-CSIRT untuk menanggulangi ganguan siber," kata Kabid Pengelola Data Elektrinik (PDE) Diskominfo Kebumen Luhur Rahpinuji, pada Sosialisasi Computer Security Team (CSIRT) di Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu, 11 Maret 2020.

Luhur mengatakan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari rakortek sinkronisasi perencanaan 2021 urusan komunikasi, informatika, persandian dan statistik. Yang digelar di Hotel Laras Asri Salatiga pada 20-21 Januari 2020 lalu.

Hasilnya, pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Tengah untuk segera membentuk Tim Government CSIRT. Hal ini karena layanan berbasis teknologi yang dikelola oleh pemerintah rentan dari ancaman siber.

"Sehingga perlu dibentuk tim untuk memitigasi serta mengembalikan sebuah sistem elektronik yang mengalami gangguan," ujarnya.

Sementara itu, sosialisasi yang diikuti oleh perwakilan OPD, Camat, dan pengelola IT di lingkungan Pemkab Kebumen menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Yakni Kepala Subdirektorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah I BSSN, Sriyanto.(*)
Powered by Blogger.