Warga Kutowinangun jadi Pasien ke-13 Positif Covid-19 di Kebumen

Kasus Covid-19 di Kebumen bertambah
Warga Kutowinangun jadi Pasien ke-13 Positif Covid-19 di Kebumen
Kusbiyantoro, saat memberikan keterangan pers
INI Kebumen, KEBUMEN - Warga Kecamatan Kutowinangun, berinisial S, seorang laki-laki 58 tahun, menjadi pasien ke-13 yang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen mengumumkan penambahan pasien positif Covid-19 di Aula Dinas Kesehatan Kebumen, Senin malam, 27 April 2020.

"Pasien ke-13 ini termasuk OTG (Orang Tanpa Gejala). Karena saat ini kondisinya sehat," terang Anggota Humas Gugus Tugas, Kusbiyantoro.

Kusbiyantoto, menjelaskan sebelum sebelum dinyatakan positif Covid-19, yang bersangkutan memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Tentara (RST) Magelang pada 21 Apeil lalu. Dengan keluhan sakit jantung dan gangguan saraf.

"Pada pemeriksaan dilakukan beberapa tindakan medis. Diantaranya pemeriksaan rontgen ditemukan Pneumonia ringan," ujarnya.

"Karena ada tanda gejala (Covid-19) yang bersangkutan dimasukan PDP (Pasien Dengan Pengawasan). Selanjutnya, pada 23 dan 24 April diambil swab," terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen ini.

Kasus Covid-19 di Kebumen terus bertambah
Warga Kutowinangun jadi Pasien ke-13 Positif Covid-19 di Kebumen
Tangkapan layar Data Kasusu Terkonfirmasi Positif Covid-19
Karena kondisinya terus membaik, lanjut dia, yang bersangkutan diperbolehkan pulang dari RST Magelang pada 25 April 2020. Sehari kemudian, sehari kemudian, 26 April 2020 hasil PCR swab keluar dari Laboraotarium Virologi menunjukkan positif Covid-19.

"Yang bersangkutan sudah kita isolasi di RSDS Kebumen," sambungnya.

Sedangkan, keluarga dan orang yang pernah kontak dengan bersangkutan menjalani karantina mandiri. Selain itu juga akan dilakukan rapid test.

Koordinator Humas Gugus Tugas, Cokroaminto, menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kebumen hingga Senin malam, 27 April 2020. Yakni

Orang Dengan Pemantauan (ODP) tercatat 2.469 orang, 2.083 orang diantaranya telah selesai pemantauan. Sedangkan 386 orang masih dalam pemantauan.
Pasien Dengan Pengawasan (PDP) tercatat 124 orang. Dari jumlah itu 10 meninggal dunia tanpa hasil lab, 32 orang diantaranya telah selesai pengawasan. Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 26 orang dan PDP dengan hasil lab negatif 52.

"Sementara itu PDP dengan hasil lab negatif, hari ini bertambah 2 orang. Keduanya rujukan lab RS PKU Sruweng," kata Cokroaminoto.

Sedangkan, pasien positif Covid-19 tercatat 13 orang positif, 9 diantaranya dalam perawatan dan 2 sembuh dan 2  meninggal dunia.(*)
Powered by Blogger.