Bantuan Sosial Tunai untuk 27.191 Penerima di Kebumen Mulai Dicairkan

Dihadiri Bupati Kebumen, BST Tahap I Mulai Disalurkan
Bantuan Sosial Tunai untuk 27.191 Penerima di Kebumen Mulai Dicairkan
Warga Kebumen mulai mencairkan bantuan di Kantor Pos
INI Kebumen, KEBUMEN - Kantor Pos Kebumen mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Jumat, 8 Mei 2020. Bantuan kepada warga akibat terdampak wabah Covid-19 diberikan kepada 27.191 Kepala Keluarga di Kabupaten Kebumen.

Pada hari pertama penyaluran bantuan di Kantor Pos Kebumen itu dihadiri oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz. Turut mendampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Dinas Sosial dan PPKB Kebumen Eko Widianto, Kepala Kantor Pos Kebumen Wendi Nugroho, serta sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan, setiap penerima bantuan menerima Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan.

"Untuk Kecamatan Kebumen sendiri jumlah cukup banyak sebanyak 3.000-an penerima lebih yang disalurkan selama 4 hari," katanya.

Ia menyampaikan bantuan dari Pemerintah Pusat ini sangat bermanfaat bagi penerima manfaat yang terimbah wabah Covid-19. Apalagi, saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

"Berhemat-hematlah dalam menerima bantuan ini dan tidak untuk foya-foya," tegas Yazid Mahfudz.

Kepala Kantor Pos Kebumen, Wendi Nugroho, menjelaskan dari 27.191 penerima bantuan, Kantor Pos di Kebumen menyalurkan 21.736 penerima. Sisanya disalurkan melalui Bank Himbara yang tersebar di 4 bank, yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI.

"Bantuan ini harus disalurkan maksimal hanya 5 hari. Setelah itu baru disalurkan door to door ke rumah-rumah penerima," terangnya.

Wendi mengungkapkan, BST yang disalurkan kali merupakan bantuan tahap pertama untuk April yang dibayarkan pada Mei ini. Mulai 9 Mei besok, akan disalurkan di 22 Kantor Pos yang ada di Kabupaten Kebumen.

"Untuk warga yang jauh dari Kantor Pos kita ada pembayaran komunitas di kecamatan terdekat. Bagi penerima yang jompo, sakit atau berhalangan hadir karena kesehatan akan kita antarkan setelah jadwal utama kita selesai," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.