pendaftaran mahasiswa baru UPB

Keren! Produk UMKM Kebumen Resmi Masuk Indomaret dan Alfamart

Bupati mendorong produk garam Kebumen bisa dipasarkan di toko modern. 
Keren! Produk UMKM Kebumen Resmi Masuk Indomaret dan Alfamart
Bupati menunjukan produk UMKM Kebumen yang sudah masuk toko modern
INI Kebumen, KEBUMEN - Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kebumen mulai dipasarkan di toko modern. Yakni di Indomaret dan Alfamart.

Secara resmi pembukaan Gerai Produk UMKM di Toko Modern dilakukan oleh Bupati Yazid Mahfud, Jumat 7 Agustus 2020. Peresmian dilakukan disela-sela kegiatan Gowes Bupati bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen.

Gerai pertama yang diresmikan yaitu Gerai Produk UMKM di Indomaret Jalan Pemuda. Kemudian dilanjutkan Gerai di Alfamart Jalan Pemuda. Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai oleh Bupati di kedua tempat tersebut.

Hadir mendampingi Bupati,  Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Ketua Dekranasda Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz, serta sejumlah pejabat lainnya.

Hadir juga Marketing Mikro Ekonomic Eksekutif PTIndomarco Prismatama, Purwanto Wahyudi dan Deputy Branch Manager Alfamart Ikwan Ngabdi Raharjo.

Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan masuknya produk lokal ke toko retail sebagai bentuk komitmen Pemkab Kebumen mendorong agar UMKM  Kebumen terus berkembang. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Alhamdulillah sudah ada 15 produk UMKM Kebumen sudah masuk Indomaret dan Alfamart. Semoga ke depan bisa ditambah, sehingga meningkatkan perekonomian Kebumen," kata Yazid Mahfudz.

Adapun produk-produk yang berhasil memenuhi standar dan masuk ke kedua toko modern ini diantaranya keripik kulit melinjo, keripik singkong, keripik talas, sagon dan produk lainnya.

Saat ini, lanjut Bupati, produk UMKM baru dipajang di jaringan retail moder yang ada di Kabupaten Kebumen. "Ke depan saya berharap bisa dijula di Indomaret dan Alfamaret seluruh Indonesia," pintanya.



Tak hanya itu, Bupati mendorong produk garam Kebumen bisa dipasarkan di toko modern.

"Sehingga di masa pandemi ini mereka tetap bisa bertahan. Ini komitmen kami untuk terus membangun Kebumen bangkit," tegasnya.

Marketing Mikro Ekonomic Eksekutif PT Indomarco Prismatama, Purwanto Wahyudi mengatakan, kerjasama yang dibangun antara Pemkab Kebumen dengan PT Indomarco Prismatama. Kerjasama ini sebagai bentuk pemberdayaan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Kebumen.

Ia menuturkan, pihak Indomaret tidak memberikan syarat khusus yang dapat mempersulit produk UMKM masuk ke Indomaret. Namun produk-produk UMKM harus memenuhi standar yang sudah diatur oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Adapun syarat agar produk bisa masuk Indomaret diantaranya produk bisa berupa makanan atau non makanan yang berkualitas baik. Memiliki kemasan yang rapih, higienis, dan modern.

Kemudian, tertera informasi keamanan bagi konsumen seperti keterangan produsen dan distributor, ukuran (gram/liter), tanggal kadaluarsa, serta izin dari dinas terkait.

“Harus ada PIRT, sertifikasi halal, komposisi produk, nama produsen, dan batas kadaluarsa. Kalau sudah lengkap kita masukan ke Indomaret,” katanya.(*)
Powered by Blogger.