pendaftaran mahasiswa baru UPB

Jembatan Kaligending Dibangun, Warga Tidak Naik Gethek Lagi

Jembatan Kaligending

INI Kebumen, KEBUMEN - Pemkab Kebumen membangun Jembatan Kaligending-Karangrejo. Jembatan ini menghubungkan Desa Karangrejo Kecamatan Karanggayam dengan Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung.

Pembangunan jembatan ini disambut gembira oleh warga setempat. Karena selama ini warga Karangrejo harus menyeberang Sungai Lukulo dengan menggunakan gethek bambu untuk menuju Kaligending dan desa-desa lainnya di Kecamatan Karangsambung serta Kebumen.

Mobilitas warga di dua kecamatan berbatasan yang dipisahkan Sungai Lukulo akan lebih dekat. Apalagi sejak beberapa tahun lalu Kantor Kecamatan Karangsambung yang semula di Desa Karangsambung atau di sebelah utara, dipindah ke Desa Kaligending dan dekat dengan SMP Negeri 1 Karangsambung.

Pembangunan Jembatan Kaligending-Karangrejo di Sungai Lukulo ditarget selesai dalam dua tahun.

Tahap I dibangun tahun 2020 untuk menyelesaikan pekerjaan pilar pondasi  di tengah dan di tepi jembatan. Nilai proyek tahap pertama sekitar Rp 4,1 miliar, berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Tahun 2021 dianggarkan lagi sebesar Rp 10 miliar. Dengan perhitungan untuk penyelesaian konstruksi. Perkiraan awal sesuai rencana pada tahun 2018, anggaran Rp 14 miliar cukup kalau tidak ada kenaikan harga yang berarti.

Perkembangan pekerjaan pengawasan pembangunan Jembatan Kaligending- Karangrejo Tahap I, sampai Minggu ke 20 Periode 23-30 September 2020 realisasinya mencapai  79,66 %, dari rencana  74,96 %. Dengan demikian ada percepatan pekerjaan 4,73 persen.

Untuk tahun ini pekerjaan yang dilaksanakan pembuatan abutment atau pilar pondasi tepi dan pondasi di tengah. Pilar pondasi 2 buah lengkap dengan pondasi borpile. 

Selain itu ada pekerjaan penyiapan badan jalan atau oprit sisi timur dan barat, berupa urugan peninggian untuk rencana jalan.(*)

Powered by Blogger.