pendaftaran mahasiswa baru UPB

Mahasiswa KKN Undip Latih Warga Gemeksekti Produksi Sabun Cair Aroma Jeruk Nipis

Mahasiswa KKN Undip di Kebumen

Mahasiswa KKN Undip Latih Warga Gemeksekti Produksi Sabun Cair Aroma Jeruk Nipis
Mahasiswa KKN Undip dan peserta foto bersama
INI Kebumen, KEBUMEN - Sebanyak 13 kader posyandu remaja Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen mengikuti pelatihan pembuatan sabun cair. 

Pelatihan yang digelar oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini dipusatkan di Perpustakaan Pondok Baca desa setempat, Sabtu, 30 Januari 2021.

Salah satu Mahasiswa KKN Tim I Undip 2021, Siti Fatimah, menjelaskan pihaknya mengajak kader remaja posyandu untuk mempraktekkan langsung langkah demi langkah cara pembuatan liquid handsoap aroma jeruk nipis.  

"Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Khususnya kalangan remaja di tengah pandemi Covid-19," terangnya. 

Ia memaparkan langkah pembuatan dan formulasi yang disampaikan kepada peserta telah diujicoba oleh pegawai Laboratorium Lingkungan Dinas Perkim LH Kebumen. 

"Akhir dari tahap pelatihan keterampilan pembuatan sabun cair ini adalah pengemasan ke dalam botol sabun," ujarnya. 

Menurutnya, manfaat program “Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Liquid Handsoap Ekstrak Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)” yaitu masyarakat kalangan remaja mampu membuat handsoap secara mandiri. 

Selain juga mampu menentukan formula pembuatan liquid handsoap dan harga bahan baku yang dikeluarkan dan mampu memanfaatkan bahan alam sebagai bahan pembuatan liquid handsoap. 

"Kita berharap ini dapat meringankan beban masyarakat kalangan remaja melalui pembuatan liquid handsoap  yang ekonomis," imbuhnya.

Pihaknya juga berharap peserta memperoleh ilmu dan wawasan pola hidup bersih dimasa pandemi Covid-19. Serta membiasakan diri dengan penuh kesadaran berupa 3M. Yaitu, Menjaga jarak, Mencuci tangan, dan Memakai masker.(*)

Powered by Blogger.