Sambut 17 Agustus, Merah Putih Jumbo Dikibarkan di Puncak Gunung Paras - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Sambut 17 Agustus, Merah Putih Jumbo Dikibarkan di Puncak Gunung Paras

Napak tilas perjuangan Ki Hajar Welaran (Kolopaking IV).

Sambut 17 Agustus, Merah Putih Jumbo Dikibarkan di Puncak Gunung Paras
Bendera merah putih berukuran jumbo yang dikibarkan di puncak Gunung Paras Karangsambung
INI Kebumen KARANGSAMBUNG - Bendera merah putih berukuran jumbo dikibarkan di Situs Ki Hajar Welaran (Kolopaking IV) di Puncak Gunung Paras Karangsambung, Minggu, 15 Agustus 2021. 

Pengibaran bendera berukuran 400 cm x 300 cm itu dilakukan dalam rangkaian kegiatan napaktilas Perjuangan Ki Hajar Welaran (Kolopaking IV), Sabtu-Minggu, 14-15 Agustus 2021.

Acara tersebut diikuti Perhutani, bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sido Makmur, Pokdarwis Paras Adi Prakarsa Pemdes Karangsambung, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Acara dimulai dari Sabtu malam dengan berkemah di Pentulu Indah. Pada acara malam Minggu itu diisi sarasehan mendengarkan cerita dari sesepuh desa terkait perjuangan Ki Hajar Welaran (Kolopaking IV) dalam mempertahankan Bumi Panjer agar tidak dikuasai penjajah. 

Ikut dalam sarasehan itu Karangtaruna, LMDH, Pokdarwis, Pemdes dan Perhutani. Hadir juga Administratur Perum Perhutani Kedu Selatan Komarudin SHut.

Asisten Perhutani (Asper)/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH) Kebumen Ari Kurniawan, mengatakan kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat generasi muda dalam membangun negeri ini yang harus tetap tumbuh.

"Kegiatan ini akan diagendakan setiap tahun ke depan. Ini baru awal kedepan setelah pandemik akan lebih meriah," ujar Ari, Senin, 16 Agustus 2021.

Kades Karangsambung Sentot Kusworo, menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang mempelopori kegiatan napak tilas pejuang Kebumen dalam melawan penjajah.

"Ini akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat berkarya pemuda Karangsambung," katanya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>