Tak Pakai Pakaian Adat Kebumen, Arif Sugiyanto Pimpin Perayaan Hari Jadi ke-392 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Tak Pakai Pakaian Adat Kebumen, Arif Sugiyanto Pimpin Perayaan Hari Jadi ke-392

Pakaian Adat Kebumen diatur dalam Peraturan Bupati Kebumen Nomor 35 Tahun 2017.

Tak Pakai Pakaian Adat Kebumen, Arif Sugiyanto Pimpin Perayaan Hari Jadi ke-392
Bupati Arif Sugiyanto saat menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi ke-391 Kabupaten Kebumen
INI Kebumen KEBUMEN - Hari Jadi ke-392 Kabupaten Kebumen dirayakan dengan upacara di Halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Sabtu 21 Agustus 2021.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, menjadi inspektur upacara dengan mengenakan baju adat mirip Raja Jawa. Tidak memakai pakaian adat khas Kebumen, sebagaimana Peraturan Bupati Kebumen Nomor 35 Tahun 2017 tentang Pakaian adat Khas Kabupaten Kebumen.

Selain Arif, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono dan Istri Arif Sugiyanto juga tidak mengenakan pakaian adat Kebumen. 

Upacara diikuti oleh sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan. Seperti nelayan, tukang becak, pengrajin genteng, petani, budayawan, Tokoh Tionghoa, TNI/Polri serta para pelaku UMKM. 

Bupati mengatakan, Hari Jadi Kabupaten Kebumen tahun ini mengambarkan kebersamaan seluruh rakyat Kebumen "Manunggaling Rakyat". Dimana seluruh masyarakat diharapkan bersatu padu membangun Kebumen ke arah yang lebih baik. Terlebih di masa pandemi ini. Semua diharapkan bisa kembali pulih.

"Kita yakin dengan kekompakan ini, pandemi bisa kita atasi, ekonomi bisa kembali pulih," tegasnya.

Ia menambahkan, Pendopo Rumah Bupati kini memang tampak berbeda. Telihat seperti istana rumah Jawa, lebih luas, bersih, indah, dan terbuka. 

Menurutnya, semua masyarakat Kebumen bisa menggunakan pendopo ini untuk kegiatan keagamaan, seni budaya, dan kegiatan lain yang bermanfaat.

"Pendopo ini milik rakyat, dan bisa digunakan untuk kegiatan kemasyarakat yang bermanfaat. Jadi jangan ragu-ragu untuk berkunjung ke pendopo. Kita jalin kebersamaan," ucap Bupati.

Peringatan hari jadi Kebumen juga disertai dengan pemberian penghargaan kepada aparatur pemerintahan, dan masyarakat sipil yang berprestasi, baik itu kepala desa, anggota kepolisian, para nakes, penggiat sosial kemasyarakat, tokoh agama, dan juga ada dari kalangan politisi.

Kemudian, pemkab juga kembali menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat. Bantuan perahu untuk nelayan, motor roda tiga untuk desa, dan grobak sampah. 

Termasuk di hari jadi ini, di pendopo rumah dinas bupati diadakan vaksinasi untuk masyarakat dengan 4.000 dosis berupa vaksin moderna dari TNI/Polri.

Acara juga dimeriahkan dengan Tari Cepet, dan Tari Lawet. Lalu ada juga acara jamasan pusaka.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>