MTP IPHI Peringati Maulud Nabi, Diisi Ceramah Mantan Bupati Kebumen

"Harmonis berarti seimbang seperti dalam doa sapu jagad, di dunia baik dan di akhirat juga baik," jelas Kyai Nashir.

MTP IPHI Peringati Maulud Nabi, Diisi Ceramah Mantan Bupati Kebumen
Selingan lagu-lagu kasidah pada acara Maulid Nabi SAW MTP IPHI Kebumen
INI Kebumen KEBUMEN - Majelis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (MTP IPHI) Kabupaten Kebumen menggelar rangkaian kegiatan untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW. 

Dimulai pada 19 Oktober 2021 dengan pembacaan barzanji. Puncak acara dilaksanakan pada Selasa, 2 November 2021 di Gedung Haji Kebumen.

Pembina MTP IPHI Hj Siti Sahdiyati Machful gembira dengan banyak anggota MTP IPHI yang hadir. 

Apalagi puncak acara tersebut juga dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati  Ristawati Purwaningsih, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kabag Kesra Muhsinul Mubarok, Kasubbag TU Kantor Kemenag Kebumen  Khamid, jajaran pengurus IPHI serta perwakilan biro perjalanan umroh dan haji.

"Semoga jamaah haji Kabupaten Kebumen, khususnya anggota MTP IPHI bisa menjadi haji mabrur, dan memanfaatkan waktunya untuk beribadah di dunia menuju akhirat," harapnya.

Dalam sambutannya Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengingatkan bahwa orang yang hajinya mabrur salah satu buktinya adalah menjaga ukhuwah.

"Orang yang hajinya mabrur akan menjaga ukhuwah, menjaga kebersamaan, menjaga silaturahmi dengan tetangga, saudara dan sesama anggota MTP IPHI," katanya.

Dalam kesempatan itu Bupati menyinggung SE Nomor 451/457 tanggal 13 April 2021 tentang Penanaman Bibit Pohon Bagi Calon Pengantin di Kabupaten Kebumen.

"Penanaman pohon bagi yang mau menikah, yakni pohon yang keras. Misalnya pohon alpukat, yang 3 tahun sudah bisa berbuah. Per pohon bisa menghasilkan satu juta rupiah," jelas Arif.

Dikatakan Arif, ibu-ibu hajjah juga bisa memakai alpukat buat perawatan wajah. Pihaknya akan menyediakan bibit, mengajak ibu-ibu memanfaatkan lahan, sehingga minimal bisa mengurangi pengeluaran.

"MTP IPHI saya undang ke pendopo untuk melihat tanaman yang ada di lingkungan pendopo," imbuh Arif.

Ceramah Maulud Nabi Muhammad SAW disampaikan mantan Bupati Kebumen, KH Nashiruddin Al-Mansyur yang mengajak untuk meneladani Rasulullah SAW dalam mewujudkan masyarakat yang harmonis.

"Harmonis berarti seimbang seperti dalam doa sapu jagad, di dunia baik dan di akhirat juga baik," jelas Kyai Nashir.

Lebih lanjut dikatakan Kyai Nashir, memperingati hari lahir Nabi dengan bergembira melalui ungkapan shalawat, bahkan di kampung dimeriahkan pemasangan umbul-umbul. Hal itu merupakan ungkapan kebahagian dan ekspresi syukur atas lahirnya pemimpin yang rahmatan lil alamin, selamat dunia ahirat.

Salah seorang anggota baru MTP IPHI, Hj Sholihatun, mengaku belum genap dua tahun bergabung. Kehadirannya dalam acara karena ingin selalu menjaga kemabruran ibadah hajinya. 

"Bertemu dengan sesama jamaah, saya merasa meningkat imunnya. Dan dengan mengaji bersama, saya bisa mengontrol keimanan," katanya.(*)

Powered by Blogger.