Anak-anak SD Negeri 1 Wonosari Belajar di Tempat Pengelolaan Sampah Bank Samiun - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Anak-anak SD Negeri 1 Wonosari Belajar di Tempat Pengelolaan Sampah Bank Samiun

Bukan mengajarkan menjadi pemulung, tapi bagaimana cara anak-anak tahu bahwa sampah sudah menjadi persoalan di bumi.

Anak-anak SD Negeri 1 Wonosari Belajar di Tempat Pengelolaan Sampah Bank Samiun
Anak-anak SD Negeri 1 Wonosari saat belajar di TPS3R Bank Samiuun.
INI KEBUMEN - Anak-anak dari SD Negeri Wonosari 1 Kecamatan Kebumen, mengunjungi TPS3R Bank Samiun Kelurahan Kebumen, Senin, 6 Desember 2021. 

Di tempat itu, mereka belajar cara  menangani sampah yang ada di sekitar rumah maupun sekolah.

Kepala SD Negeri 1 Wonosari, Sri Widowati SPd Sd, mengatakan annak-anak diajak ke TPS3R  Bank Sampah Samiun Kelurahan Kebumen, agar mengerti sampah anorganik dan sampah organik.

"Ternyata sampah-sampah anorganik dan organik bisa dimanfaatkan. Yang organik jadi kompos, sedang yang anorganik bisa di buat kerajinan, atau jadi rupiah," kata Sri Widowati, disela-sela mendampingi murid-muridnya.

Menurutnya, belajar mengolah sampah atau memanfaatkan sampah bagi anak-anak tentu lain. 

"Bukan mengajarkan menjadi pemulung, tapi bagaimana cara anak-anak tahu bahwa sampah sudah menjadi persoalan di bumi," tegasnya. 

Direktur TPS3R Bank Sampah Samiun  Kelurahan Kebumen, Suwito  menambahkan di TPS3R Bank Sampah Samiun, tidak saja belajar cara mengolah sampah anorganik. 

Tetapi bagaimana cara mengolah sampah organik menjadi Kompos. Kemidian, dikenalkakn juga hasil tanaman yang menggunakan media hasil sampah organik dari TPS3R tersebut. 

"Ini sangat penting, bagi kita mengenalkan pengolahan sampah yang benar dan bisa bermanfaat,untuk kelangsungan kehidupan mendatang," tandasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>