Pertahankan Akreditasi, Bupati Minta RSUD Kebumen Tingkatkan Pelayanan

Pertahankan Akreditasi, Bupati Minta RSUD Kebumen Tingkatkan Pelayanan
Pertahankan Akreditasi, Bupati Minta RSUD Kebumen Tingkatkan Pelayanan
INI KEBUMEN - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meminta kepada seluruh jajaran RSUD dr. Soedirman agar terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. 

Hal ini untuk bisa mempertahankan akreditasi Paripurna yang sudah didapat 2019 lalu.

Bupati menyatakan, akreditasi merupakan penilaian pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit memang benar-benar memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. 

Pada satu sisi capaian akreditasi ini tentunya membanggakan, karena status paripurna merupakan standar tertinggi untuk penilaian kualitas mutu pelayanan sebuah rumah sakit. 

"Akan tetapi, di sisi yang lain kita tidak boleh lengah dan terus berupaya semaksimal mungkin agar raihan Akreditasi Paripurna masih tersemat pada RSUD dr. Soedirman hingga tahun-tahun mendatang," ujar Bupati di saat menghadiri acara Komitmen Bersama Civitas Hospitalic RSUD dr.Soedirman Kebumen Dalam Rangka Menyukseskan Akreditasi Starkes 2022, di RSUD Soedirman, Senin, 29 Agustus 2022.

Beberapa pelayanan yang harus ditingkatkan adalah menyangkut pemenuhan kebutuhan peralatan medis yang sesuai standar. Lalu juga mutu dari sumber daya manusianya. Seperti penambahan dokter spesialis.

"RSUD Kebumen sudah semakin baik, di sini ada layanan jemput pasien, dan diantar kembali ke rumah, layanan antar obat, agar tidak antri, sosio medis, Kemudian kalau mau pesan obat juga bisa dipesan lalu di antar. Kita juga sudah punya dokter spesialis jantung ada dua," terang Bupati.

Untuk meningkatkan pelayanan, pihak pemerintah pun bakal memberikan kesempatan kepada dokter-dokter berprestasi untuk sekolah lagi dan dibiayai pemerintah. Hal ini agar mereka bisa melakukan penanganan yang baik untuk masyarakat.

Sementara itu, Direktur RSUD Kebumen Widodo menambahkan, pihaknya bakal terus memperbaiki setiap keluhan dari masyarakat. Misalnya, waktu tunggu pasien di poli rawat jalan, laboratorium dan farmasi dan Ketidakpatuhan waktu kunjungan atau visit tenaga kesehatan, khususnya dokter.

"Dengan akreditasi ini apa yang menjadi keluhan masyarakat terus kita upayakan agar bisa diperbaiki. Tentu kita di jajaran rumah sakit, siap untuk berbenah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, sesuai arahan Bapak Bupati agar RSUD dr. Soedirman menjadi tempat rujukan kesehatan terdepan di Kebumen.(*)

Powered by Blogger.