Haru! Rohmad dan Umi Rofiqoh Jadi Pasangan Pertama Menikah di MPP Kebumen

Warga Kebumen kini bisa nikah di Mal Pelayanan Publik
Haru! Rohmad dan Umi Rofiqoh Jadi Pasangan Pertama Menikah di MPP Kebumen
Pasang pengantin baru ini langsung menerima surat nikah, kartu keluarga dan KTP baru
www.inikebumen.net KEBUMEN - Rohmad Sholeh (26)  dan Umi Rofiqoh (26) menjadi pasangan pertama yang 'menikmati' layanan KUA di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kebumen. Pasangan asal Ngadirojo, Wonogiri dan Desa Bandung, Kecamatan Kebumen ini menikah di MPP pada hari peresmian MPP hari ini, Jumat, 20 Desember 2019.

Yang lebih istimewa, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dan Kepala Kantor Kemenag Kebumen Panut, secara khusus menjadi saksi pernikahan pasangan ini. Bahkan, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa turut menyaksikan acara sakral itu.

Mal Pelayanan Publik bisa dimanfaatkan warga Kebumen untuk melangsungkan ucap janji suci atau akad nikah. Hal ini karena merupakan salah satu bentuk pelayanan dari 250 jenis layanan yang ada di MPP Kebumen.


Baca juga: Dorong Investasi, Pemkab Kebumen Luncurkan Mal Pelayanan Publik

Raut wajah bahagia terpancar dari pasangan pengantin itu. Meski mengaku sempat tegang menjelang ijab kabul, keduanya tampak lega ketika sang penghulu, saksi dan para tamu yang hadir di akad nikah tersebut berteriak sah. Rohmad dan Umi Rofiqoh pun resmi menjadi pasangan suami istri. 

Yang lebih istimewa lagi, usai menerima buku nikah kedua mempelai, pasangan pengantin baru ini langsung menerima kartu keluarga dan  Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dengan status menikah.

Keduanya mengaku bahagia dan berterima kasih kepada Pemkab Kebumen atas kemudahan yang diberikan selama proses pernikahan.

"Alhamdulillah, yang pertama pasti terharu karena memang ini sebelumnya tidak direncanakan disini," ujar Umi Rofiqoh.

Umi mengaku awalnya dirinya akan melangsungkan pernikahan di rumah. Namun, dia ditawari menikah di MPP.

"Memang direncanakan pernikahannya tanggal 20. Tapi untuk tempat nggak kebayang bakal nikah di mal seperti ini (MPP),” tambahnya.
Haru! Rohmad dan Umi Rofiqoh Jadi Pasangan Pertama Menikah di MPP Kebumen
Prosesi ijab kabul
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen, Panut, mengatakan layanan nikah merupakan salah inovasi di Loket Kemenag di MPP. Pihaknya akan melakukan proses pengajuan agar loket Kemenag di MPP ini juga bisa dianggap sebagai kantor. Hal ini agar calon pengantin yang menikah disini tidak perlu bayar alias gratis.

"Kalau yang nikah hari ini gratis, karena ini kita anggap sebagai kantor," terang Panut, kepada inikebumen.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa, mengapresiasi inovasi tersebut. Dia berharap, layanan tersebut terus dilanjutkan ke depannya.

"Kita harapkan ke depannya, tidak hanya langsung menerima kartu keluarga dan KTP baru. Tetapi bisa didaftarkan langsung dengan BPJS (Kesehatan)," tuturnya.(*)
Powered by Blogger.