pendaftaran mahasiswa baru UPB

Galeri Seni SMAN 1 Kebumen, Pojok Geopark Pertama di Kebumen

Pojok geopark menjadi salah satu penilaian penting disaat GNKK ingin naik status menjadi Unesco Global Geopark (UGG).
Galeri Seni SMAN 1 Kebumen, Pojok Geopark Pertama di Kebumen
Galeri Seni SMAN 1 Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (UPT BIKK) Karangsambung LIPI, Edi Hidayat, memberikan apresiasi atas berdirinya Galeri Seni SMA Negeri 1 Kebumen. Sebab, galeri tersebut fokus memberikan informasi terkait Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK).

Edi mengatakan, Galeri Seni SMA Negeri 1 Kebumen merupakan pojok geopark pertama di Kebumen yang ada di lingkungan sekolah.

"Artinya (dukungan) masyarakat dari bawah ini sudah muncul, dalam hal ini masyarakat pendidikan. Karena geopark salah satu yang terpenting adalah konservasi dan edukasinya," kata Edi Hidayat, saat menghadiri peresmian galeri tersebut, Senin, 24 Februari 2020.

Pihaknya berharap ke depan, sekolah lain menyusul mendirikan pojok geopark. Sehingga masyarakat akan lebih paham dan mengetahui potensi geropark.

"Sehingga masyarakat akan merasakan manfaatnya. Yang ujungnya masyarakat akan ikut diberdayakan dari segi ekonomi, konservasi dan edukasinya," ujarnya.

Baca juga: Dukung Geopark Karangsambung, SMAN 1 Kebumen Dirikan Galeri Seni

Menurutnya, adanya pojok geopark menjadi salah satu penilaian penting disaat GNKK ingin naik status menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

"Yang penting adalah masyarakat berpartisipasi. Ini menjadi point terpenting, karena akakn membantu penilaian ke depannya," imbuhnya.

Untuk mendukung keberadaan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK), SMA Negeri 1 Kebumen mendirikan galeri seni. Galeri Seni SMA Negeri 1 Kebumen diresmikan oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto, pada Senin, 24 Februari 2020.

Kepala SMAN 1 Kebumen Rachmat Priyono, menjelaskan pada galeri berukuran 18x8 meter itu menampilkan berbagai potensi unggulan seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Kebumen. Seperti wayang golek menak, hingga cepetan.

"Termasuk potensi menyajikan koleksi bongkahan batuan purba dari wilayah Karangsambung," terangnya.

Selain itu, juga menampilkakn foto-foto Kebumen tempo dulu, foto tokoh pendiri Kebumen hingga kerajinan seperti keramik, anyaman pandan, gerabah, batik Kebumen serta kuliner khas Kebumen.

Selain menyaksikan potensi seni budaya yang ada, keberadaan galeri seni ini juga dijadikan pusat pembelajaran bagi siswa SD, SMP/MTs, SMK/SMA/MA. "Silahkan bagi yang berkunjung dapat menghubungi sekolah," imbuhnya. 

Bahkan, setiap Minggu akan dibuka untuk umum. Masyarakat yang sedang menikmati Car Free Day dapat berkunjung ke galeri ini. "Galeri ini terbuka untuk umum," kata dia.(*)
Powered by Blogger.