Ganjar Salurkan Bantuan Listrik Gratis Agar Masyarakat Lebih Produktif - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Ganjar Salurkan Bantuan Listrik Gratis Agar Masyarakat Lebih Produktif

"Sekarang PLN bantu, dari kita bantu dan lainnya, mudah-mudahan bisa manfaat," tegasnya.

Ganjar Salurkan Bantuan Listrik Gratis Agar Masyarakat Lebih Produktif
Bantuan listrik gratis
INI Kebumen, SEMARANG - Ramadan kali ini membawa berkah luar biasa bagi Mbah Katini (59), warga Bandarharjo Semarang Utara. 

Ia terlihat sangat bahagia saat terpilih menjadi salah satu warga yang mendapat bantuan pemasangan saluran listrik gratis dari PLN.  

Apalagi, bantuan itu diberikan langsung oleh orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Hal tersebut membuat Katini senang, meskipun ia harus datang ke tempat penyerahan di Kemijen Semarang Timur, yang cukup jauh dari rumahnya. 

"Matur nuwun pak Ganjar, saya sudah dapat bantuan listrik. Sakderenge kulo nyalur ting tonggone (sebelumnya saya minta saluran listrik dari tetangga). Sebulan bayar Rp 50.000," kata Mbah Katini. 

Karena meminta saluran tetangga, Mbah Katini terpaksa harus menekan pemakaian listrik. Hanya ada satu kipas angin dan dua lampu yang dipasang di rumahnya itu. 

Pekerjaannya sebagai pembantu rumah tangga dengan penghasilan Rp 20.000 perhari membuatnya tidak mampu memasang listrik mandiri. Suaminya yang kerja serabutan juga tidak bisa diandalkan. 

"Sekarang alhamdulillah mpun padhang (sudah terang). Sakniki mpun saget nonton TV. Putu kulo nggih seneng, omahe padhang," ucapnya. 

Katini hanya salah satu contoh masyarakat yang belum mampu mengakses saluran listrik mandiri. Sementara Ganjar sendiri mengatakan, masih banyak masyarakat Jawa Tengah yang memiliki masalah serupa. Tidak hanya di pedesaan tetapi juga di perkotaan dengan beragam alasan. 

"Jadi masih banyak (yang belum punya). Mereka tinggalnya numpang, status tanahnya nggak jelas maka banyak yang tidak punya listrik," katanya. 

Program pemberian bantuan listrik gratis pada masyarakat kurang mampu memang terus ditingkatkan. Tak hanya dari anggaran pemerintah namun juga bantuan dari pihak lain. 

"Sekarang PLN bantu, dari kita bantu dan lainnya, mudah-mudahan bisa manfaat," tegasnya. 

Dengan adanya listrik, maka masyarakat lanjut Ganjar diharapkan lebih produktif. Mereka diharapkan bisa melakukan aktifitas-aktifitas yang lebih optimal. 

"Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan masyarakat, bisa lebih produktif sehingga ibu-ibu yang pinter masak bisa ditingkatkan, anak-anak belajar bisa lebih terang," tambahnya. 

"Sampai saat ini, sudah ada 40.170 sambungan listrik gratis telah diberikan," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>