DPRD Sayangkan Pemkab Kebumen Gagal Pertahankan WTP - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

DPRD Sayangkan Pemkab Kebumen Gagal Pertahankan WTP

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sejumlah fraksi di DPRD Kebumen menyayangkan gagalnya Pemkab Kebumen mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tahun ini Pemkab Kebumen harus puas dengan hanya mendapat Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

DPRD Sayangkan Pemkab Kebumen Gagal Pertahankan WTP
Suasana rapat paripurna DPRD Kebumen
Fraksi Nasdem menduga menurunnya Opini WTP menjadi WDP pada LHP dikarenakan banyaknya temuan terhadap sebagian besar OPD yang ada. "Yang tidak mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar juru bicaranya, Sarwono,
pada Rapat Paripurna dengan agenda Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2016, Rabu (7/6/2017).

Selain itu juga terdapat temuan yang khususnya pada sistem pengendalian intern yang menyangkut kegiatan pokok-pokok pikiran DPRD. Serta beberapa OPD yang melaksanakan program dan kegiatannya tidak sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

Terkait pada pokok-pokok pikiran DPRD yang menjadi temuan pada BPK, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman atau perbedaan prinsip tentang hak budgeting. Sehingga mengakibatkan proses pembahasannya menjadi panjang.

Maka dari itu mulai tahun 2017 DPRD sudah melakukan dengan cara Sistem Informasi Manajemen Perencanaan (SIMPER). Dengan harapan pokok-pokok pikiran DPRD sudah dapat muncul pada RKPD kemudian dibreak down sampai dengan KUA PPAS sehingga meminimalisir adanya temuan BPK.

"Fraksi NasDem berharap adanya sinergitas antara Legislatif dan Eksekutif. Dalam rangka perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan sehingga Opini WTP dapat diraih kembali," ungkapnya.

Juru bicara Fraksi Golkar, Akhmad Marsudiyanto, mengatakan setelah mencermati Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kebumen Tahun Anggaran 2016 yang telah diaudit oleh BPK RI dengan mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Fraksi Golkar menyesalkan predikat tersebut. Setelah berhasil meraih WTP sebelumnya dalam kerangka pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah oleh BPK.

"Hal ini agar menjadi perhatian kita bersama agar lebih meningkat kualitasnya dalam pengelolaan keuangan," kata dia.

DPRD Kebumen menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2016 di Ruang Paripurna DPRD, Rabu (7/6/2017).

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Cipto Waluyo, didampingi Wakil Ketua Bagus Setiyawan dan Miftahul Ulum. Dari eksekutif hadir Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Plt Sekda Mahmud Fauzi, serta sejumlah pejabat lainnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>