Anggota Polres Kebumen Dilatih Cara Tangani Kebakaran Tabung Gas

Cegah kebakaran akibat kebocoran selang tabung gas, Gasindo Alamsemesta beri penyuluhan di Polres Kebumen
Anggota Polres Kebumen Dilatih Cara Tangani Kebakaran Tabung Gas
Iptu Marheni ikut praktek langsung cara mematikan api tabung gas elpiji
www.inikebumen.net KEBUMEN - Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran akibat dari kerusakan regulator tabung gas elpiji, personel Polres Kebumen mengikuti penyuluhan dari PT Gasindo Alamsemesta.

Penyuluhan dengan materi penyuluhan tentang pemasangan regulator yang benar pada tabung gas itu digelar di Lapangan Mapolres Kebumen, Senin 9 Desember 2019.

Anggota Polwan Polres Kebumen Iptu Marheni, ikut mempraktekkan langsung cara mematikan api saat terjadi kebakaran. Para peserta lainnya juga diajari cara mengatasi bila ada kebakaran akibat dari selang tabung gas yang bocor.

"Sebenernya kunci saat terjadinya kebakaran akibat selang gas bocor yaitu jangan panik, trus beranikan diri menutup aliran gas dengan cara menyopot regulator," ujar Iptu Marheni

Pada kesempatan itu, ada dua jenis regulator yang dipraktekkan. Yaitu regulator manual atau biasa yang sering digunakan pada masyarakat umumnya. Kemudian regulator otomatis yang ada sekeringnya.

Pihak Gasindo juga mempraktekkan bagaimana cara memasang dan mematikan kompor gas yang benar dengan regulator otomatis keluaran dari Pertamina, di dalam regulator ini sudah ada sil karetnya, jadi lebih aman meski tanpa sil karet yang ada dalam tabung gas.

Ada juga sekering sebagai pemutus aliran gas manakala kompor dimatikan hanya dari tombol yang ada pada kompor saja.

Sementara untuk antisipasi terjadinya kebocoran gas yang mengakibatkan api membesar dengan cara melepas regulator dari tabungnya.(*)
Powered by Blogger.