Sempat Dihentikan Semalaman, Tim SAR Akhirnya Berhasil Evakuasi Jasad Korban

Kendala yang dihadapi Tim SAR, medan vertikal yang curam dan terjal ketinggian mencapai 250 meter
Sempat Dihentikan Semalaman, Tim SAR Akhirnya Berhasil Evakuasi Jasad Korban
Petugas SAR saat turun ke dasar jurang untuk mengevakuasi korban
www.inikebumen.net BUAYAN - Tim SAR akhirnya berhasil mengevakuasi jasad pemancing dari dasar jurang di Desa Karangbolong Kecamatan Buayan, Jumat pagi, 17 Januari 2020.

Tim SAR gabungan berhasil mengangkat jenazah Supriyadi alias Dariman, menggunakan metode sebelumnya. Yakni mengikat jenazah dan mengangkat menggunakan tali.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kasubbag Humas Iptu Tugiman, mengatakan tubuh korban berhasil dievakuasi Jumat pagi sekitar pukul 07.45 WIB.

"Saat ini jenazah sudah diserahkan kepada pihak keluarga, untuk selanjutnya dimakamkan," ujar  Tugiman.

Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto, menjelaskan korban sebenarnya telah berhasil ditemukan pada Kamis 16 Januari 2020 di Goa Lawa.

"Namun proses evakuasi terkendala medan yang terjal, ketinggian tebing mencapai 250 meter dari titik anchor," kata Heri.

Baca juga: Evakuasi Jenazah Pemancing yang Hilang di Karangbolong Terkendala Sulitnya Medan

"Karena terbatasnya waktu proses dihentikan pada pukul 18.00 WIB, setelah korban sudah berhasil diangkat keluar goa dan diamankan diketinggian 2 meter diatas air," ujarnya.

Kemudian, pada Jumat 17 Januari 2020, Tim SAR mulai melakukan evakuasi pada pukul 05.00 WIB. Sebanyak 2 orang petugas turun untuk mengkondisikan korban dan mengamankan tali serta jalur evakuasi.
Sempat Dihentikan Semalaman, Tim SAR Akhirnya Berhasil Evakuasi Jasad Korban
Jasad korban saat sudah berhasil dievakuasi
Selanjutnya, pukul 07.45 WIB korban berhasil di evakuasi oleh Tim SAR gabungan dan pukul 08.30 WIB, korban diserahkan ke pihak keluarga.

"Kendala yang kita hadapi medan vertikal yang curam dan terjal ketinggian mencapai 250 meter," imbuhnya.

Baca juga: Satu Pemancing Dikabarkan Hilang Tersapu Ombak di Dekat Goa Lawa Karangbolong

Sebelumnya, seorang pemancing dilaporkan hilang setelah terseret ombak di depan Goa Lawa, tepatnya di Tebing Karang Desa Karangbolong Kecamatan Buayan. Peristiwa itu terjadi pada Rabu siang, 15 Januari 2020 sekitar pukul 13.45 WIB. 

Korban tersebut bernama Supriyadi alias Dariman (31), warga Dukuh Karanggayam RT 01 RW 01 Desa Banjararjo, Kecamatan Ayah.(*)
Powered by Blogger.